3 Cara Termudah dan Alami Untuk Membersihkan Bagian Dalam Telinga

Hasil gambar untuk idntimes.com telinga

Pada dasarnya, kehadiran kotoran yang berada di dalam telinga kita ini memiliki tugas khusus, yakni untuk melindungi lubang telinga dari kemungkinan adanya benda asing yang masuk. Disamping itu, kotoran telinga juga berfungsi untuk menghambat perkembangan produksi bakteri yang dapat merusak telinga. Akan tetapi, bukan berarti keberadaan kotoran telinga ini harus kita biarkan begitu saja.

Pasalnya, jika kotoran itu sudah menumpuk, maka pendengaran anda akan terganggu. Selain dapat mengganggu pendengaran, tentu saja keberadaan kotoran telinga yang menumpuk ini akan membuat ilfeel orang lain. Oleh karenanya, kita harus rajin dalam membersihkan telinga. Dilansir dari berita tebaru hari ini, ada 3 cara termudah dan alami untuk mebersihkan telinga bagian dalam. Cara seperti apakah itu? simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  1. Menggunakan Baby Oil

Mungkin sebagian besar dari kita hanya mengetahui, bahwa baby oil hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saja. Padahal, baby oil ini juga mampu membersihkan telinga bagian dalam secara alami lho. Mengenai cara penggunaannya, siapkan kapas yang memanjang, kemudian tetesi dengan baby oil secukupnya. Masukan kedalam telinga tepat ke kotoronnya, dan diamkan beberapa saat. Setelah itu keluakan kapasnya dari dalam telinga. Lakukan cara ini secara berulang-ulang, agar kotorannya benar-benar dapat dikeluarkan.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain baby oil, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga. Mengenai cara pengerjaannya, masukan minyak kedalam sendok makan, lalu panaskan sendok tersebut diatas api lilin hingga menghangat. Setelah itu celupkan kapas atau cotton bud kedalam minyak kelapa, lalu peras agar minyaknya tidak terlalu banyak. Masukan kapas atau cotton bud tersebut kedalam telinga, dan biarkan selama 5 menit. Berikutnya keluarkan kapas dari dalam telinga, maka kotorannya juga akan ikut keluar.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Dan cara terakhir yang harus anda coba untuk membersihkan telinga bagian dalam, yakni dengan menggunakan cuka apel. Siapkan kapas atau cotton bud, lalu tetesi dengan sedikit cuka apel. Selanjutnya masukan kedalam telinga, dan diamkan kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah itu keluarkan lagi, maka semua kotorannya akan rontok.

Itulah 3 cara termudah dan alami untuk membersihkan telinga bagian dalam. Akhir kata cukup sekian, dan selamat mencobanya dirumah.