3 Ciri Perhiasan Emas 23 Karat

Perhiasan emas 23 karat memiliki karakteristik tertentu. Dibandingkan dengan jumlah karat lainnya, dia memiliki banyak perbedaan. Cek ciri-cirinya di sini.

Perhiasan Emas 23 Karat - Harga Terbaru November 2021 | Blibli

source gambar : blibli.com

Perhiasan emas 23 karat merupakan salah satu tingkatan yang sering digunakan untuk perhiasan. Selain 23 karat, ada juga emas 18 karat, 22 karat dan 24 karat. Beda karat beda pula kualitasnya. Agar tidak salah memilih, begini cara melihat perhiasan dengan kadar 23 karat yang asli.

Ciri-ciri Perhiasan 23 karat

  1. Menggunakan Uji Berat Jenis

Cara menguji yang pertama adalah dengan menguji berat jenisnya. Cara ini bisa dilakukan dengan mengukur emas pada timbangan. Hasil ukuran ini akan memperlihatkan berapa berat keringnya.

Setelah mengetahui berat kering, maka dilakukan pengujian berat basah. Caranya mudah. Letakkan segelas air pada timbangan. Lalu masukkan emas yang diikat dengan tali. Dari sinilah akan terlihat berat basa.

Pembagian antara berat basah dan berat kering akan menghasilkan berat jenis emas. Emas asli memiliki berat jenis 19,3 gram/cm2. Dari sini akan bisa menjawab berapa harga emas 23 karat di pegadaian.

  1. Menggunakan Gold Tester

Gold tester merupakan salah satu alat uji emas yang biasanya ada di pegadaian ataupun toko emas. Alat ini memang cukup praktis. Karena bisa langsung mengetahui kadar karat secara pasti.

Dari alat ukur ini anda akan langsung tahu bahwa perhiasan yang akan anda beli adalah emas dengan kadar 23 karat. Sayangnya alat ini tidak dimiliki oleh semua orang. Dari alat ini juga bisa diketahui daftar harga emas 23 karat hari ini 2021.

  1. Dengan Larutan Asam

Dan cara ketiga yang bisa digunakan untuk menguji kadar karat emas adalah dengan zat asam nitrat. Caranya sangat mudah. Hanya dengan meneteskan asam nitrat pada emas. Lalu lihat perubahannya.

Jika mengalami perubahan warna, maka bisa dipastikan emas tersebut emas palsu. Atau bisa juga mengandung logam lainnya. Namun jika tidak mengalami perubahan, bisa dipastikan bahwa emas tersebut merupakan emas asli.

Itulah 3 cara melihat perhiasan emas 23 karat. Cara-cara tersebut bisa anda gunakan untuk harga emas 22 karat hari ini ataupun kadar lainnya. Bagaimana? Anda tertarik?