3 Fakta Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Jarang Diketahui

Ngomong-ngomong soal cicilan tanpa kartu kredit, saya udah lumayan sering liat iklannya seliweran di jalan atau di media sosial. Tapi biasanya, iklan layanan ini identik dengan gadget sehingga menimbulkan kesan kalau cicilan tanpa kartu kredit terbatas penggunaannya cuma buat nyicil smartphone atau laptop. 

Padahal, banyak banget transaksi yang sekarang ini sudah bisa dicover dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit. Contohnya: kredit tiket pesawat di online travel agent atau website maskapai langsung, belanja produk fashion di marketplace fashion, belanja bulanan, beli buku, sampai makan di restoran. 

Ini bisa terjadi seiring dengan banyaknya merchant yang saat ini digandeng oleh perusahaan penyedia layanan cicilan tanpa kartu kredit. Contohnya Kredivo. Salah satu aplikasi fintech cicilan tanpa kartu kredit yang jumlah mitranya udah 1000+ dengan berbagai macam kategori. 

Bukan cuma transaksinya yang sudah jauh lebih beragam dibanding 3 tahun lalu, cicilan tanpa kartu kredit juga memiliki 3 fakta yang menurut saya masih jarang diketahui orang. Padahal ini bisa bermanfaat dan membantu dalam memutuskan penggunaan cicilan tanpa kartu kredit itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari, lho. Apa saja faktanya? Yuk kita bahas!

Bisa cicilan 0% tanpa drama

Saat ini, cicilan 0% bukan hanya program yang dimiliki oleh kartu kredit perbankan aja. Cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo juga kerap mengadakan program cicilan 0% bagi penggunanya. Salah satu contohnya, yang diadakan pada momen Ramadan di tanggal 25 April hingga 1 Mei 2021. 

Promo cicilan 0% dengan Kredivo bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant rekanan seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Bhinneka, Lazada, Erafone, dsb. Promo ini berlaku khusus untuk tenor cicilan 3 bulan atau 6 bulan. Di mana, pada cicilan regular, Kredivo menawarkan tenor s.d 12 bulan. 

Cicilan 0% dengan Kredivo juga nggak pakai drama alias nggak ada syarat dan ketentuan yang menyulitkan pengguna. Untuk cicilan 0% ini, Kredivo hanya membebankan biaya administrasi sebesar 1,5% untuk tenor 3 bulan dan 6% untuk tenor 6 bulan. Tanpa uang muka. Selain itu, pembayaran cicilan juga tidak boleh terlambat karena jika terlambat akan dikenakan tambahan 1 bulan cicilan di akhir periode cicilan.

Histori pembayaran bisa akan terekam dalam SLIK

Sama dengan kartu kredit dan layanan pembiayaan lainnya, histori transaksi dan riwayat pembayaran kita pada aplikasi fintech juga akan terekam dalam data SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) di OJK dan juga pada Asosiasi Fintech. Baik untuk kredit maupun pinjaman online. 

Jadi, meski kita menggunakan aplikasi fintech, histori transaksi dan riwayat pembayaran tetap harus diperhatikan agar skor kredit kita tetap terjaga. Bukan hanya pembayaran yang lancar, transaksi dengan cicilan tanpa kartu kredit juga perlu dijaga porsinya agar tidak lebih dari kapasitas keuangan. Misalnya, tidak mengambil 2 cicilan dalam waktu bersamaan sekaligus. 

Bisa digunakan untuk segala kebutuhan

Sedikit sudah dijelaskan di atas, cicilan tanpa kartu kredit cenderung diasosiasikan hanya untuk pembelian gadget. Padahal, jenis transaksinya jauh lebih beragam. Contohnya Kredivo yang memiliki banyak mitra merchant, mulai dari yang online sampai offline. Pada kategori Travel & Hotel, Kredivo sudah bermitra dengan Tiket.com, Pegipegi.com, Blibli Travel, Citilink, dan Garuda Indonesia. 

Pada merchant kategori marketplace, ada Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan JD.id yang sudah bermitra dengan Kredivo. Sehingga, semua barang yang tersedia di marketplace tersebut bisa dibayar dengan cicilan tanpa kartu kredit selama minimum transaksinya sesuai syarat. Minimum transaksi supaya bisa cicilan dengan Kredivo adalah Rp 1 juta. Tapi, khusus per bulan Ramadan tahun 2021 ini, minimum transaksi dari Kredivo diturunkan menjadi Rp 500 ribu aja!

Secara keseluruhan, sebagai aplikasi cicilan tanpa kartu kredit, Kredivo memberikan limit kredit pada pengguna untuk bertransaksi. Limit yang didapat jumlahnya bervariasi tergantung dengan aplikasi/profil pengguna. Namun, maksimal limit yang dapat diberikan Kredivo adalah Rp 30 juta khususnya untuk akun dengan status Premium.

Buat kamu yang tertarik daftar akun Premium Kredivo, kamu bisa kok langsung daftar sekarang melalui aplikasinya. Unduh di Google Play Store atau App Store, dan pastikan kamu sudah memenuhi syarat berikut: 

  1. Berstatus sebagai WNI.
  2. Berusia 18 – 60 tahun. 
  3. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  4. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.