3 Penyebutan Untuk Kakek dan Nenek di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan beranekaragam budaya. Di negara kita yang tercintai ini terdiri dari berbagi suku dari tiap pulaunya yang tentunya dengan adat istiadat dan tradisi yang berbeda beda. Selain itu juga setiap sukunya ini mempunyai ciri khasnya masing masing misalnya saja dari makanannya, tariannya, atau juga bahasanya. Bicara soal bahasa yang berbeda berbeda ternyata dalam penyebutan untuk seorang kakek dan nenek juga berbeda beda tergantung asal daerahnya. 3 penyebutan untuk kakek sesuai dengan daerahnya masing masing diantaranya yaitu :

  1. Engkong Dan Nyai

Engkong dan Nyai merupakan sebutan untuk kakek dan nenek yang berasal dari daerah betawi. Anak anak dari orangtuanya yang berasal dari daerah betawi ini tentunya akan memanggil kakek dan neneknya dengan engkong dan nyai. Ketika kita menonton tayangan sinetron betawi misal “Si Doel Anak Sekolahan” tentunya sebutan engkong dan nyai ini sudah tidak asing didengar.

  1. Abah Dan Enin

Abah ini merupakan sebutan untuk kakek yang berasal dari daerah saya yaitu sunda. Begitu juga anak saya dan keponakan saya ketika memanggil bapak saya itu dengan sebutan abah ini. Dan sebutan untuk pasangan dari abah ini adalah enin. Ya enin merupakan sebutan untuk seorang nenek dari daerah sunda.

  1. Eyang Kakung Dan Eyang Putri

Sebutan untuk seorang kakek dari daerah jawa itu biasanya dengan sebutan eyang kakung. Dan untuk panggilan nenek dari daerah jawa ini biasanya dengan sebutan eyang putri. Ketika kita sedang menyaksikan FTV di layar kaca maka sebutan eyang kakung dan eyang putri ini sering terdengar ketika sinetron itu berlatar daerah jawa.