3Resep Masakan Tumis Khas Indonesia

Apa jadinya jika si kecil tidak suka makan sayur berkuah? Maka, sang ibu kreatif harus pandai – pandai membuat aneka tumis. Di bawah ini adalah jenis – jenis resep masakan Indonesia khas tumis yang akan membuat anak merasa ketagihan.

  • Tumis Sayur Ceria

Dari namanya, tumis yang satu ini akan sangat diminati anak – anak. Bahan – bahan yang diperlukan meliputi 5 biji putren, 1 bonggol brokoli, 1 buah wortel, 10 butir telur puyuh, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 biji cabai rawit, 1 gelas air, serta gula, garam dan lada bubuk secukupnya.

Cara membuatnya adalah, rebus telur puyuh. Lalu, potong sayuran menjadi ukuran dadu yang mudah dicerna anak. Iris bawang merah dan bawang putih serta cabai rawit. Tumis bumbu yang telah diiris tersebuh hingga berbau sedap, lalu tambahkan air, sayuran dan telur puyuh. Uji rasa dan tambahkan gula atau garam sampai rasa sedapnya pas. Sajikan hangat.

  • Tumis Labu Siam

Sama mudahnya dengan tumis sayur ceria, bahan yang diperlukan terdiri dari 3 buah wortel, 1 buah labu siam, 2 buah cabai merah, 1 batang daun seledri, lada bubuk, garam, sasa, minyak dan air secukupnya. Sementara itu, untuk bumbu halusnya campurkan 3 siung bawang merah dengan 1 siung bawang putih dan ditumis bersama cabai iris.

Langkah membuat pertama – tama campur air yang sudah dididihkan dengan tumisan bumbu halus. Setelah itu, masukkan wortel dan labu siam yang sudah dipotong bentuk korek api atau dadu. Biarkan hingga sayuran empuk dan sajikan hangat.

  • Tumis Kikil Pedas

Bahan – bahan dari tumis kikil pedas yaitu 250 gram kikil, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, setengah siung bawang bombay setengah buah tomat, 3 batang daun seledri, 1 buah cabai bendot, 5 buah cabai rawit, 1 batang daun bawang, seperempat sendok teh merica bubuk, serta gula, sasa, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, potong kikil, bawang merah, bawang putih, cabai bendot cabai rawit, daun bawang, dan seledri, lalu rebus kikil. Setelah itu, tumis semua bahan kecuali kikil. Baru setelah baunya harum, tambahkan kikil. Masak hingga empuk.