4 Macam Antibiotik Yang Perlu Anda Ketahui

Hasil gambar untuk lifebuoy antibiotik

Salah satu jenis pengobatan anti bacterial yang sering digunakan oleh masyarakat ketika mengalami sakit adalah antibiotik. Bakteri sudah menjadi permasalahan yang amat serius bagi manusia. Ukuran bakteri yang begitu kecil membuat para dokter membutuhkan obat khusus untuk menangani bakteri tersebut. Akhirnya terciptalah obat antibiotik.

Ada banyak macam macam antibiotik beserta kegunaannya. Berikut adalah jenis antibiotik yang perlu anda ketahui :

  1. Penicillins. Antibiotik ini merupakan jenis antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi paru-paru, dada, dan juga kantong kemih. Penicillins bekerja dalam tubuh dengan cara merusak bagian dinding bakteri agar tidak bereproduksi. Biasanya, efek yang dihasilkan dari penicillins dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Efek buruk jangka panjang yang dihasilkan apabila mengonsumsi penicillins secara berlebihan adalah bakteri pada tubuh akan menjadi kebal dan menjadi lebih sulit untuk diatasi.
  2. Sefalosporin. Jenis antibiotik yang satu ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai infeksi penyakit yang terjadi di tubuh setiap manusia. Sefalosporin juga dapat mengatasi infeksi tubuh yang lumayan serius seperti infeksi lapisan luar otak, pneumonia, dan juga infeksi pada sumsum di tulang belakang.
  3. Aminoglikosida. Antibiotik ini sering digunakan untuk penyakit pneumonia dan tifus. Cara kerja antibiotik ini adalah dengan menghambat pembentukan protein bakteri. Pemberian Aminoglikosida tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus dengan resep dokter. Konsumsi antibiotik ini juga dilakukan dengan cara disuntik. Efek jangka panjang apabila mengonsumsi antibiotik ini secara berlebihan adalah terganggunya fungsi ginjal dan pendengaran.
  4. Tetrasiklin. Antibiotik ini dapat mengatasi infeksi bagian tengah telinga, saluran kantung kemih, gangguan pernafasan, dan berbagai infeksi bakteri yang serius lainnya. Tetrasiklin juga dapat mengatasi jerawat pada wanita yang sudah parah. Penggunaan antibiotik ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal  dan terdapat gangguan pada sistem saraf otak manusia.

Itulah beberapa jenis antibiotik yang sering dikonsumsi. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis antibiotik lainnya yang beredar di pasaran. Anda bisa menemukannya di berbagai apotik, dengan cara berkonsultasi dengan dokter mengenai antibiotik yang dibutuhkan oleh Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui antibiotik yang pas untuk Anda,

Oiya sebelum perjumpaan kita ini berakhir, saya ingin menyampaikan hal yang paling penting. Janganlah mengonsumsi antibiotik secara berlebihan karena akan mendapatkan efek jangka panjang yang dapat merusak beberapa bagian tubuh.

Semoga bermanfaat!