4 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Pada umumnya bawang merah selalu digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Salain itu bawang merah juga kerap dijadikan bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah memberikan penguat rasa pada makanan. Bawang merah juga padat dengan nutrisi dan rendah kalori, serta memiliki nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tanpa banyak basa basi lagi, disini saya akan sampaikan 4 manfaat bawang merah.

Baca Juga : Cara Melakukan Perhitungan Usia Kehamilan Pada Wanita Janda

  1. Pencegah Kanker

Hal ini dikarenakan bawang merah memiliki senyawa organosulfur yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ii menghambat kanker belum diketahui. Beberapa Hipotesis mengatakan kemungkinan dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mutagenesis. Vitamin c dan adntioksidan pada bawang mampu memerangi pembentukan radikal bebas yang menjadi pemicu timbulnya kanker.

  1. Pengatur Tidur dan Suasana Hati

Folat ditemukan pada bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, dan dapat mencegah darah nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi sistem produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati dan nafsu makan dengan baik.

  1. Baik Bagi Jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam Amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolestrol jahat dalam darah dan meningkatkan pada kadar kolestrol baik. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan bagi jantung.

Artikel Populer : 3 Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Sederhana

  1. Meredakan Batuk

Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak anak. Resep penyembuhan dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon lalu balurkan sekujur punggung dengan sedikit pijatan ringan.