5 Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi dan Memiliki Makna Historis

9 Potret Menyusuri Tepian Sungai Kapuas di Pontianak, Bikin Adem!

Untuk anda yang akan berlibur ke Pontianak, sebelum berburu tiket pesawat Jakarta Pontianak ada baiknya menjadi membaca dulu artikel yang akan dibahas ini. 

Pontianak merupakan sebuah kota dengan luas 107,82 kilometer persegi. Ibu kota provinsi Kalimantan Barat dikenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa. Kota Pontianak didukun oleh keanekaragaman budaya penduduk Pontianak. Yaitu Dayak, Melayu dan Tionghoa. Ada beberapa peninggalan bersejarah yang juga menjadi pendukung tempat wisata Pontianak. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata popular di indonesia

Tugu Khatulistiwa 

Jika berkunjung ke Kota Pontianak, tidak lengkap jika tidak menyambangi Tugu khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata di Pontianak ini berada sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak. Ikon wisata Pontianak yang paling terkenal ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika datang pada waktu yang tepat, Anda dapat mentaksikan peristiwa menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa seperti titik kulminasi matahari. Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di sekitar garis khatulistiwa. Peristiea titik kulminasi Matahari terjadi dua kali dalam setahun. Anda bisa datang untuk menyaksikan fenomena alam diantara tanggal 21-23 maret dan 21-23 sepetember. Peristiwa alam unu menjadi acara tahunana kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan domestok dan luar negeri.

Taman Alun Kapuas 

Taman Alun Kapuas terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor walikota Pontianak. Terletak di lokasu strategis menjadikan Taman Alun Kapuas bisa dikunjungi dari arah mana saja. Tempat wisata di Pontianak satu nini tidak pernah sepi pengunjung baik warga ataupun wisatawan dari kota ataupun wisatawan luar. 

Taman Alun Kapuas merupakan salah satu proyek ‘waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak di Tempat ini terdapat air mancur yang sangat indah ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebangaan masyarakat provinsi Kalimantan barat. Akses menuju Taman Alun Kapuas sangatlah mudah karena terletak di jantung kota Pontianak. 

Taman sebelumnya yang hanya berikisar kurang 1,5 hektar kini sudah meluas mencapai kurang lebih sekitar tiga hektar. Disini pengunjung bisa memandangi keindahan sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasi sungai, sambil bersantai, Kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Pontianakn yang dijajakan disekitar taman. 

Rumah Radankng

Rumah Radankng adalah sebutan untuk rumah panjang uku Dayak Kanayatn di provinsi Kalimantan Barat. Rumah Radakng atau bisa disebut dnegan longhouse merupakan satu di antara ciri khas Provinsi Kalimantan barat. Di Pontianak, And dapat menjumpai Rumah Radakng sebagai distinasi wisata di Kompelk Perkampungan Budaya di jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak, berdampingan dengan Rumah Melayu kota Pontianak. Rumah Radakng di Pontianak dibobatkan Musem Rekor Indonesia (MURI) sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Pasalnya rumah adat ini memiliki tinggi 7 meter dengan panjang bangunana 138 meter. 

Museum Provinsi Kalimantan Barat 

Museum Provinsi Kalimanta Barat adalahg sebuah museum yang belokasi di jalan Jenderal Achmad Yani, di Kota Pontianak. Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bernilah historis yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, seperti Suku Melayu, Suku Dayak dan suku Tionghoa. Ruang Pameran tetap dibagi atas tiga ruangan, yaitu Pengelan, Ruang Budaya Kalimantan barat seperti Suku Mlayu, Suku Dayak. Terdapat juga ruang pameran tetap yang dibagi beberapa ruangan.