5 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya Murah

Siapa bilang pinjaman uang online hanya bisa digunakan untuk kebutuhan modal usaha dan belanja online saja. Kini, kamu juga bisa menggunakannya untuk biaya renovasi rumah sebelum memasuki musim hujan.

Renovasi rumah baiknya direncanakan sebelum musim penghujan. Jika renovasi rumah dilakukan saat musim hujan, akan terkendala dengan banyak hal. Mulai dari semen dan cat lama kering dan pasti membutuhkan biaya yang lebih besar.

Untuk itulah ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar biaya renovasi rumah bisa lebih terjangkau. 

  1. Rencanakan Sesuai Kemampuan Finansial

Perhitungankan renovasi rumah sesuai dengan bujet dan kemampuan finansial. Jika kamu tidak memahami bagaimana cara menghitung renovasi rumah yang benar, libatkan teman yang mengerti cara perhitungan renovasi rumah dan berdiskusilah untuk merencanakannya dengan tepat. 

Lebih baik membayar orang yang tepat dalam perencanaan daripada harus mengulang renovasi sehingga biaya yang dikeluarkan bisa membengkak dua kali lipat. 

  1. Hindari Membeli Bahan Material Murah

Godaan inilah yang kerap kali menipu sebagian orang. Meskipun cukup efektif menekan biaya tetapi hanya sementara. Bahan material dengan harga yang lebih murah biasanya memiliki kualitas yang berbeda dengan bahan baku yang mahal. 

Lebih baik membeli barang yang berkualitas agar usia dan daya tahannya juga lebih baik. Hal tersebut malah akan membuat semakin untung karena awet dan tidak perlu terlalu sering melakukan renovasi ulang.

  1. Hitung Ongkos Tukang dengan Cermat

Murah boleh saja, tapi jangan berharap bisa mendapatkan tukang yang berpengalaman. Oleh karena itu, pandai-pandailah mencari tukang yang dipercaya. Selain harus memiliki keterampilan yang bisa diandalkan, ongkos biaya yang dikeluarkan pun sebanding dengan pekerjaan yang dihasilkan.

Waspada juga untuk memberikan proyek renovasi kepada pemborong. Belum tentu pemborong punya tukang yang berpengalaman. Pilih tukang atau pemborong yang sudah memiliki reputasi dengan pengerjaan yang rapi dan memuaskan.

  1. Riset Harga Bahan Baku dan Biaya Ongkos Kirimnya

Soal harga bahan baku memang ada perbedaan antara toko yang satu dengan yang lainnya. Jangan sungkan untuk bertanya soal harga sebagai perbandingan. 

Manfaatkan juga layanan supermarket bahan bangunan yang memberikan diskon, promo maupun cashback dengan tawaran yang sangat menarik.

Tidak lupa, pastikan juga ongkos pengiriman agar tidak perlu menganggarkan dana secara terpisah. Kecuali jika kamu ingin belanja dengan menggunakan kendaraan sendiri agar ongkos kirim jauh lebih murah.

Tapi, pikirkan juga kondisi kendaraan dengan beban barang yang dibawa. Jika membawa barang-barang berat atau barang dengan dimensi yang melebihi kapasitas kendaraan pribadi, sebaiknya tidak mengambil risiko tinggi. 

  1. Gunakan Pinjaman dengan Bijak

Renovasi rumah jelang musim hujan kadang tidak bisa ditunda. JIka sudah memasuki musim hujan dikhawatirkan kerusakan akan semakin besar dan berdampak pada bangunan lainnya.

Daripada menunggu dana terkumpul, kamu bisa memanfaatkan pinjaman uang online dari fintech tepercaya seperti Kredivo yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Meski dikenal sebagai kartu kredit online yang bisa digunakan untuk belanja di ratusan marketplace, Kredivo juga punya layanan pinjaman dengan bunga menarik hanya 2,95% saja per bulan.

Pilihan tenornya mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Setiap pinjaman akan dikenakan biaya admin 6% dari total pinjaman. Hal ini wajar dilakukan karena pinjaman uang online tidak mensyaratkan jaminan atau agunan. Dengan begitu proses pengajuan pinjaman jadi lebih mudah.

Daftar melalui aplikasi Kredivo yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah. Renovasi rumah tidak lagi jadi masalah bukan?