6 Keuntungan Menggunakan Pipa PVC

Pipa PVC tiba di dunia perpipaan pada tahun 1950-an sebagai bahan yaang disukai untuk sistem air rumah tangga. Sejak itu, berbagai model pipa PVC akhirnya telah dikembangkan. Pipa PVC terbuat dari polivinil klorida yang merupakan kombinasi dari plastik dan vinil, dan ini adalah bahan yang ideal untuk saluran drainase, sistem air, dan pipa bawah tanah. Pipa PVC biasanya digunakan ditempat yang daerahnya rawan terhadap gempa karena tidak mudah dipindahkan atau ditekuk. Pada artikel kali ini kami akan membertikan kalian informasi mengenai beberapa keuntungan jika kalian menggunakan Pipa PVC

  • Kuat dan ringan

Pipa PVC memiliki keunggulan berupa ketahanan abrasi, bahan yang ringan dan memiliki kekuatan mekanik yang sangat baik. Dan itu merupakan keunggulan teknis yang sangat penting untuk digunakan dalam pengaplikasian bahan untuk bangunan dan kontruksi.

  • Mudah dipotong dan dibentuk

Pipa PVC dapat dipotong, dibentuk, dilas dan digabungkan dengan cepat dalam berbagai desain.

  • Kuat

PVC tahan terhadap pelapukan, pembusukan, kerusakan yang diakibatkan oleh bahan kimia, guncangan dan abrasi. Karena alasan itulah pipa PVC menjadi pilihan favorit bagi berbagai konsumen. Faktanya PVC ini memiliki kekuatan tahan lama yang luar biasa dibandingkan dnegan pipa yang terbuat dari betn atau tanah liat/semen. Dan sekarnag ini hampir 85% sektor bangunan dan kontruksi menggunakan pipa PVC. Masa pakai PVC diperkirakan bisa sampai 100 tahun. 

  • Hemat biaya

Pipa yang terbuat dari PVC telah menjadi bahan yang populer untuk digunakan pada konstruksi selama bertahun-tahun karena sifat fisik dan teknisnya yang menawarkan keuntungan kinerja dan juga biaya yang sangat baik dan menarik. Sebagai bahan, bahan ini sangat kompetitif dalam hal harga, nilai ini juga ditingkatkan dengan sifat-sifat seperti daya tahannya, masa pakai dan kebutuhan perawatan yang rendah. Penelitian terkini tentang Total Cost of Ownership (TCO) produk PVC di profil jendela, pipa dan lantai mengungkapkan bahwa PVC biasanya merupakan pilihan yang paling hemat biaya.

  • Ramah lingkungan

Produk PVC membutuhkan energi dan penggunaan sumber daya yang relatif lebih sedikit selama produksi dan konversi ke produk jadi. Mereka lebih ringan daripada pipa yang terbuat dari beton, besi atau baja yang membutuhkan lebih sedikit energi (dan karenanya lebih sedikit emisi) untuk diangkut dan dipasang. Dalam analisis siklus hidup dan studi penelitian independen, dampak ekologi PVC terbukti positif jika dibandingkan dengan produk manufaktur lain yang digunakan untuk bangunan. Produk PVC juga sangat tahan lama sehingga tidak perlu sering diganti. Dan, sebagai termoplastik, pada akhir penggunaan, PVC relatif mudah dipisahkan dari plastik lain dan setelah itu dapat dengan mudah didaur ulang menjadi barang baru. Rencana yang bereputasi baik memastikan bahwa sebagian besar PVC yang digunakan dalam pembangunan konstruksi, seperti pipa, profil jendela dan lantai sekarang didaur ulang di akhir masa manfaatnya.

  • Aman

PVC adalah polimer inert tidak beracun. Ini adalah sumber daya penting secara sosial yang telah digunakan selama lebih dari setengah abad. Ini juga merupakan plastik yang paling banyak diteliti dan diuji secara menyeluruh di dunia. Ini memenuhi semua standar internasional untuk keselamatan dan kesehatan baik untuk produk yang digunakannya.

Itulah beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan jika kalian menggunakan pipa PVC termasuk harga pipa PVC yang cukup terjangkau, semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa terbantu. Sampai berjumpa lagi pada artikel kami selanjutnya!