6 Penyebab Smartphone Mudah Panas

Salah satu masalah smartphone yang selalu ingin tahu adalah apa yang jadi penyebab smartphone panas. Sebab tidak bisa lagi dipungkiri bahwa saat ini sebagian besar masyarakat tidak bisa dipisahkan dari smartphone. Karena tak sedikit orang yang menganggap kehidupan di balik layar benda yang disentuh jari itu begitu berharga. Mulai dari berinteraksi dengan orang-orang melalui media sosial, bermain game untuk membunuh rasa bosan, menonton video untuk menyegarkan pikiran hingga hanya membaca timeline media sosial sudah bisa menjadi obat kesepian. Kapanpun dan dimanapun, manusia dan smartphone selalu bersama.

Penyebab Smartphone Panas

Oleh karena keterikatan manusia dengan smartphone yang begitu lengket bisa menimbulkan rasa kesa jika terjadi sesuatu pada ponsel. Salah satunya jika smartphone pans dan membuat kinerja ponsel menurun. Pasti kesal bukan? Untuk itu Anda perlu tahu penyebab smartphone panas agar bisa menghindari situasi yang tidak menyenangkan ini.

  1. Prosesor

Salah satu penyebab smartphone panas adalah prosesor yang digunakan oleh smartphone. Beberapa prosesor yang sering menyebabkan smartphone panas adalah chipset Snapdragon 810 dan Snapdragon 615. Contoh smartphone yang menggunakan prosesor ini adalah Xperia Z3. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda jika ingin membeli smartphone selain memerika fitur-fitur yang ditawarkan juga memeriksa prosesor yang digunakan.

  1. Baterai

Tak hanya prosesor yang perlu diperhatikan saat hendak membeli smartphone, penggunaan jenis baterai juga perlu diperhatikan. Karena ada beberapa jenis baterai yang memicu sebagai penyebab smartphone panas. Salah satu baterai yang menyebabkan smartphone panas yaitu baterai Lithium yang sering digunakan pada smartphone metal dengan body ramping. Hal itu dikarenakan baterai Lithium mengalami thernal runaways, sebuah fenomena dimana terjadi pengaliran suhu panas dari baterai ke body smartphone.

  1. Overload

Sebagai manusia pasti akan mengalami otak serasa mendidih jika dipaksa melakukan banyak perintah ini dan itu di luar kemampuan. Begitu juga smartphone. Mungkin sangat menyenangkan bagi Anda melakukan multitasking. Membuka aplikasi ini dan itu, browsing, mendengarkan musik, mengunduh ini dan itu dan masih banyak perintah yang Anda lakukan pada smartphone. Bayangkan jika itu Anda betapa lelahnya melakukan ini dan itu. Nah, multitasking ini bisa menyebabkan overload yang memicu sebagai penyebab smartphone panas.

  1. Jaringan

Penyebab smartphone panas tak hanya disebabkan oleh bagian-bagian smartphone tapi juga bisa disebabkan oleh jaringan. Misalnya saja Anda berada di lingkungan yang memiliki jaringan yang tak cukup kuat maka smartphone Anda akan bekerja keras untuk mencari jaringan hingga membuat bagian belakang smartphone menjadi panas.

  1. Game dan Aplikasi

Semakin tinggi kualitas game dan aplikasi akan menyebabkan suhu smartphone Anda meningkat begitu cepat. Misal Anda memainkan game berkualita full HD ata merekam video dengan tingkat kualitas 4K maka saat itu Anda memaksa smartphone Anda bekerja pada kecepatan dan kualitas maksimal. Bayangkan jika Anda diminta untuk berlari secepat mungkin pasti akan cepat lelah jika dibandingkn berjalan santai. Untuk itu jika Anda tidak membutuhkan mengoperasikan game dan aplikasi dengan kualitas tinggi lebih baik jangan digunakan.

  1. Operating System

Sistem operasi bisa menjadi penyebab smartphone panas jika Anda malas melakukan update pada smartphone. Pembaharuan sistem operasi tak hanya berfungsi untuk menambah fitur-fitur baru tapi juga bisa menghindari bugs di sistem operasi yang menyebabkan smartphone panas.

Dari penjelasan di atas banyak penyebab smartphone panas yang tak hanya disebabkan oleh produsen smartphone. Bisa jadi kesalahan Anda sendiri yang membuat smartphone panas dan membuat kinerja smartphone menurun.