8 Tanda Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Tak jarang ibu hamil, terutama yang baru pertama kali hamil bertanya-tanya dan emas tentang bagaimana sih tanda melahirkan. Bagaimana kita bisa tahu kalau waktu melahirkan sudah dekat. Untuk menjawab rasa penasaran itu, berikut 8 tanda melahirkan dalam waktu dekat.

  1. Bayi akan turun kebawah

Sekitar 1 – 4 minggu menjelang melahirkan, kamu mungkin merasa bayi akan turun ke panggul atau dikenal dengan pengenduran. Ini berarti bahwa bayi sedang mengatur ulang posisi tubuhnya keposisi yang kepala dibawah untuk mempersiapkan kelahiran. Saat berada diposisi ini akan meringankan diafragma ibu sehingga lebih mudah bernafas. Namun pada posisi ini juga menimbulkan tekanan lebih banyak kandung kemih sehingga kamu akan bolak-balik ke kamar mandi.

  1. Leher rahim membuka

Sementara tubuh mempersiapkan untuk kelahiran bayi, tanda melahirkan lain adlah mulai melarnya leher rahim dan menipis diminggu-minggu atau beberapa hari sebelum melahirkan. Biasanya saat jadwal check up dokter akan melakukan pemeriksaan dalam tubuh dengan melihat apakah leher rahim sudah teregang untuk menyambut kelahiran atau belum.

  1. Kram perut dan nyeri punggung

Kamu mungkin merasa tekanan ata kram di daerah panggung dan dubur menjelang persalinan. Tak jarang kondisi ini mungkin akan membuatmu mengeluh nyeri diarea paha dan punggung bawah, terutama jika ini bukan kehamilan pertama. Otot dan sandi tubuh sedang meregang dan bergeser sebagai persiapan kelahiran buah hati.

  1. Diare, mual dan muntah

Selanjutnya kamu akan mengalami diare, mual dan muntah. Hormone yang diproduksi oleh tubuh akan memudahkan kelahiran bayi dan dapat merangsang usus untuk bergerak lebih sering yang mengakibatkan kamu lebih rutin bolak-balik ke kamar mandi karena diare atau muntah. Mungkin kamu akan sangat terganggu, namun ini adalah reaksi alami tubuh. Cara terbaik untuk menangani hal ini adalah dengan menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum banyak cairan.

  1. Penurunan berat badan

Menjelang akhir kehamilan, peningkatan berat badan secar otomatis akan terhenti. Sebagai gantinya, berat badan akan stabil bahkan mengalami penurunan berat badan.hal ini sangat normal dan tak perlu cemas karena tidak akan memperngaruhi berat badan bayi saat lahir.

  1. Merasa lelah dan sering tidur siang

Perut yang semakin membesar dan system pencernaan yang berantakan, membuat kamu sulit tidur nyenyak di malam hari. Sehingga kamu akan lebih memilih tidur sejam dua jam di siang hari.

  1. Keputihan berwarna kemerahan

Satu tanda melahirkan yang paling mudah di deteksi adalah keluarnya cairan vagina seperti keputihan namun kental dan cenderung berwana merah muda, kemerahan atau kecoklatan. Ini dinamakan bloody slow yang disebabkan oleh pelepasan lendir penyumbah leher rahim selama kehamilan. Sumbatan ini akan mengendur dan mengikuti longgarnya leher rahim yang terjadi selama tahap pertama persalinan.

  1. Pecahnya ketuban

Tanda yang terakhir adalah pecahnya air ketuban. Air ketuban yang pecah menjadi salah satu tanda pasti kamu akan melahirkan. Pada umumnya cairan ketuban akan bocor dan keluaran seperti tetesan. Nah kamu dapat menggunakan pembalut untuk menjaga agar tetap kering selagi menghubungi dokter. Namun jika cairan ketuban menyembur dan membuat pakaian dalam basah kuyup, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakir karena persalinan akan segera terjadi.

Itulah 8 tanda melahirkan dalam waktu dekat yang musti kamu waspadai. Semoga persalinan lancar dan bayi selamat.