Area 51 Yang Penuh Misteri

5 Misteri Area 51 yang Belum Pernah Terungkap - Tekno Liputan6.com

Diberitakan dua kota kecil di Amerika Serikat, Rachel dan Hiko, yang lokasinya berdekatan dengan fasilitas rahasia Area 51 akan diserbu oleh pengunjung.

Ajakan serbuan ke Area 51 yang viral di Facebook, rencananya akan dilaksanakan pada 20 September. Meskipun demikian, pengguna Facebook yang membuat agenda tersebut mengatakan bahwa ide menyerbu Area 51 itu hanyalah candaan belaka.

Jadi, apa sebenarnya Area 51 itu?

Area 51 merupakan pangkalan rahasia Angkatan Udara AS. Konon, Pentagon diam-diam menjalankan program UFO senilai Rp 270 miliar.

Area 51 merujuk pada lokasi peta dan nama terkenal pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Yang mana, lokasi pangkalan ini berada di Danau Groom, danau kering yang berada di gurun Nevada, yang jaraknya sekitar 135 km di sebelah utara Las Vegas.

Apa yang ada disana sangat rahasia sehingga masyarakat umum tidak diperkenankan mendekati area tersebut. Banyak tanda, pengawasan elektronik, dan penjaga lengkap dengan senjata.

Bahkan, terbang melintasi Area 51 juga sangat dilarang, walaupun lokasi ini sekarang dapat dilihat pada gambar satelit. Pangkalan militer rahasia ini memiliki landasan pacu sepanjang 3,7 km.

Selain itu, fasilitas ini juga terletak diantara dua area militer rahasia lainnya, yakni Nevada Test Site (tempat AS melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1950an hingga 1990an, dan Nevada Test and Training Range. Seluruh kawasan ini melingkupi lahan seluas 2,9 juta hektare.

Menurut Amerika Serikat, kawasan itu mewakili “ruang pertempuran yang fleksibel, realistis, dan multidimensi guna melakukan pengembangan pengujian taktis, dan pelatihan lanjutan.”

Tujuan Area 51 dibangun?

Perlu diketahui bahwa Area 51 ini dibangun pada era Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet yang berfungsi sebagai fasilitas untuk menguji serta mengembangkan pesawat, termasuk pesawat U-2 dan SR-71 Blackbird.

Walaupun fasilitas tersebut dibuka pada 1955, namun keberadaannya secara resmi baru diakui oleh badan intelijen CIA pada Agustus 2013.

Empat bulan setelah diakui oleh CIA, Barack Obama, Presiden AS waktu itu, menjadi presiden pertama AS yang mengungkap Area 51 ke masyarakat umum.

Ada apa aja disana hari ini?

Walaupun informasi resmi yang terkait Area 5 sangat minim, diyakini bahwa militer AS terus menggunakan wliayah tersebut guna mengembangkan pesawat mutakhir.

Ada sekitar 1.500 orang yang diyakini bekerja disana. Banyak dari mereka yang bepergian menggunakan pesawat sewaan dari Las Vegas.

Bahkan, penulis tentang sejarah Area 51, Annie Jacobsen, mengatakan  kepada BBC bahwa beberapa program Spionase tercanggih di dunia ada di lokasi tersebut.

“Area 51 adalah fasilitas tes dan pelatihan. Penelitian dimulai dengan pesawat mata-mata U-2 pada 1950-an dan sekarang telah beralih ke drone,” ujar Jacobsen.

Benarkah ada alien dan UFO di Area 51?

Dengan tempatnya yang sangat rahasia sehingga Area 51 telah menimbulkan banyak teori konspirasi.  Yang paling populer adalah klaim bahwa disana terdapat pesawat luar angkasa serta alien sebagai pilotnya, setelah pesawat terjatuh, di Negara Bagian New Mexico, pada 1947.

Namun, klaim ini dibantah oleh pemerintah AS sendiri yang menegaskan bahwa tidak ada alien dan pesawat yang dimaksud jatuh tersebut adalah balon cuaca.

Klaim lainnya adalah ada beberapa orang yang menyaksikan UFO di atas kawasan tersebut, sementara yang lainnya mengaku telah diculik oleh alien dan menjadi objek eksperimen, sebelum akhirnya dikembalikan ke Bumi.