Aturan Berkendara Kala Hujan Yang Wajib Dipahami

Pernah ingin berkendara saat hujan? Tuntutan mobilitas terkadang memaksa kamu untuk terus bergerak menggunakan kendaraan. Sebab itu, penggunaan mobil sebagai kendaraan pribadi terus mengalami peningkatan. Bahkan kegiatan sewa mobil pun ikut laris manis selama musim hujan untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Angka kecelakaan lebih tinggi didapatkan saat hujan tiba. Hal ini dikarenakan bukannya lebih berhati – hati saat berkendara saat hujan, beberapa pengemudi justru meningkatkan kecepatan mereka dalam kegiatan berkendara disaat hujan. Tentu saja hal ini menjadi kendala tersendiri selama mengemudi. Terlebih jika menggunakan jasa sewa mobil, maka ada baiknya kamu menjaga baik – baik kendaraan tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa tips berkendara saat hujan yang direkomendasikan :

  1. Checking kondisi mobil

Dalam melakukan kegiatan mengemudi di jalan dengan curah hujan tinggi, ada baiknya kamu tahu kondisi mobil kamu. Bila menggunakan jasa sewa mobil ada baiknya memastikan kondisi mobil sebelum digunakan. Ban, rem dan wiper memiliki peran penting dalam mengemudi. Ban yang aus akan menyulitkan kegiatan manuver. Begitu Pula halnya dengan rem. Tanpa rem, mobil akan bahaya berjalan di jalanan licin tersebut.

  1. Mengemudi dengan kecepatan sedang

Disarankan saat musim hujan, kamu mengemudi dengan kecepatan sedang. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tergelincir dan tabrakan. Kondisi jalanan yang licin kadang membuat rem kurang responsif sehingga berjalan dengan kecepatan tinggi akan menyebabkan resiko kecelakaan tinggi. Ada baiknya berkendara dengan kecepatan sedang menggunakan jasa sewa mobil yang dipinjam.

  1. Memperhitungkan jarak antar kendaraan

Saat melaju menggunakan mobil dari layanan sewa mobil, ada baiknya kamu memperhitungkan jarak antar kendaraan. Jarak yang terlalu dekat dengan pengendara mobil lainnya akan mempermudah benturan dan menyebabkan resiko kecelakaan tinggi.

Hidari juga blind spot kendaraan agar kenyamanan berkendara lebih terjamin. Pastikan saat overtake, kamu sudah melakukan sein dan klakson.

  1. Menjaga fokus berkendara agar tidak teralihkan

Saat berkendara sendiri selama hujan, terkadang fokus kamu menjadi teralihkan. Ada baiknya untuk stay fokus dengan mengunyah sesuatu atau menyanyikan sesuatu. Menyalakan radio juga bisa dilakukan untuk menemani sepi berkendara dan stay focus.