Cara Download dan Instal Android Oreo Terbaru dan Paling Mudah

 Dalam berbagai berita terbaru, peluncuran Android Oreo benar-benar menjadi salah satu momen yang paling bersejarah. Menggantikan Android versi Nougat, Android versi 8.0 Oreo diluncurkan tepat pada saat terjadinya gerhana matahari di New York pada 21 Agustus 2017. Dengan pintu masuk yang dramatis ditempat peluncuran, peluncuran Android Oreo menjadi peluncuran yang paling fenomenal dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Apalagi juga banyak spesifikasi fitur menarik yang ditawarkan oleh Android 8.0 Oreo. Hanya saja akankah kehebohan saat peluncuranya, juga akan diikuti dengan kehebatanya?

Tentu saja sebelum itu terjadi, anda sebagai pengguna android wajib menggunakanya terlebih dahulu. Nah buat kamu yang tertarik mencoba android versi baru ini, kamu bisa menginstalnya di smartphone android kamu. Berikut cara mendownload dan menginstal Android Oreo.

Rilis final Android Oreo

Presentasi rilis terakhir Android O terjadi selama gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017 pada pukul 14.40 waktu setempat, dan video streaming langsung acara (dan gerhana) ada di situs web Google. Android Oreo sekarang tersedia untuk didownload dan diinstal pada perangkat tertentu. ya, memang tidak semua perangkat bisa menikmati kehebatan android Oreo.

Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel dan Pixel XL adalah perangkat pertama yang mendapatkan versi final Android 8.0 Oreo. Perangkat di seluruh dunia sekarang mendapatkan update OTA.

Cara Menginstal Android Oreo

Pertama anda harus mendownload android 8.0 oreo di situs developer android. Setelah itu, baru flash (instal) ke perangkat Anda. Bagian berikut berisi petunjuk dari Google tentang cara melakukan flash.

Cara Melakukan Flash:

  1. Download gambar sistem yang sesuai untuk perangkat Anda yang ada pada situs developer android, lalu unzip ke direktori yang aman.
  2. Sambungkan perangkat Anda ke komputer melalui USB.
  3. Jalankan perangkat dalam mode fastboot dengan salah satu metode berikut:
  • Menggunakan alat adb: Dengan perangkat diaktifkan, jalankan: bootloader reboot adb
  • Menggunakan kombo tombol: Matikan perangkat, lalu nyalakan dan segera tahan kombinasi tombol yang sesuai untuk perangkat Anda.
  1. Jika perlu, buka kunci perangkat bootloader menggunakan salah satu metode berikut:
  • Jika Anda memperbarui perangkat Nexus 5X atau Nexus 6P menggunakan pemukul martil atau pemancing, perbarui alat fastboot Anda ke versi terbaru (> = 23.0.1), lalu jalankan perintah ini: fastboot flashing unlock
  • Jika Anda memperbarui perangkat yang lebih lama, jalankan perintah ini: Fastboot oem unlock

Perangkat target akan menampilkan layar konfirmasi. (Ini menghapus semua data pada perangkat target.)

  1. Buka terminal dan navigasikan ke direktori gambar sistem unzip.
  2. Jalankan script flash-all. Script ini menginstal bootloader yang diperlukan, firmware baseband, dan sistem operasi.

Setelah skrip selesai, perangkat akan menyala ulang secara otomatis. Anda sekarang harus mengunci bootloader untuk keamanan dengan cara sebagai berikut:

  • Jalankan perangkat dalam mode fastboot lagi, seperti dijelaskan di atas.
  • Jalankan: fastboot flashing unlock atau, untuk perangkat lama, jalankan: kunci fastboot oem

Mengunci bootloader akan menghapus data pada beberapa perangkat. Setelah mengunci bootloader, jika ingin flash device lagi, Anda harus menjalankan fastboot oem unlock lagi, yang akan menghapus data.

Nah itulah cara yang bisa anda lakukan jika anda ingin mencoba sensasi menggunakan android 8.0 Oreo. Jika anda masih belum mengerti tentang bagaimana caranya, anda bisa lihat berita-berita terbaru seputar update android Oreo dalam bentuk video di Youtube.