Cara Jitu Mencari Rumah Sewa Terbaik

Bagi Anda yang belum memiliki rumah tinggal, salah satu solusi yang baik untuk memiliki tempat tinggal sementara waktu sembari menabung untuk membeli rumah pribadi adalah dengan mencari rumah disewakan atau dikontrakkan.

Namun, seringkali Anda menemui kesulitan dalam memilih dan menentukan rumah sewa terbaik karena banyaknya pilihan rumah yang disewakan yang perlu Anda ketahui. Karenanya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rumah sewa terbaik. Apa sajakah itu? Simak cara jitu mencari rumah sewa terbaik berikut ini.

  1. Tulis dalam buku catatan dengan terperinci

Setiap mengunjungi rumah disewakan yang membuat Anda tertarik, jangan lupa untuk mencatatnya dalam sebuah buku catatan dengan terperinci. Sebaiknya Anda mencatat dengan lengkap seperti luas rumah, jumlah kamar tidur, beberapa poin positif serta negatifnya dan sebagainya. Jangan lupa untuk menuliskan alamat lengkap rumah yang Anda kunjungi tersebut.

  1. Bawa kamera

Agar Anda masih mengingat dengan jelas setiap sudut rumah yang Anda kunjungi, usahakan untuk mengabadikannya dalam sebuah foto. Foto ini akan membantu menyegarkan memori Anda mengenai apa yang Anda sukai dan tidak sukai pada rumah itu.

  1. Pastikan struktur rumah cukup kuat

Saat berkunjung, pastikan struktur rumah cukup kuat untuk Anda tinggali. Anda pasti tak ingin sesuatu pun terjadi serta mengancam keselamatan Anda dan keluarga, bukan? Jadi, bila menemukan keretakan di dinding atau kayu pada atap yang bermasalah, segera konsultasikan dengan pemilik rumah. Jika Anda memang telah mantap memilih rumah tersebut, mintalah pemilik rumah memperbaiki kerusakan yang ada.

  1. Pastikan semua properti berfungsi dengan baik

Cek semua kondisi properti pada rumah disewakan tersebut, apakah berfungsi dengan baik ataukah ada kerusakan. Cek unit pendingin ruangan, lampu, sistem pemanas air, kunci-kunci jendela serta pintu dan sebagainya. Jika ada kerusakan, beritahukan pada pemilik rumah agar memperbaikinya.

  1. Pertimbangkan faktor lokasi

Jangan hanya melihat rumahnya, tetapi pertimbangkan pula faktor lokasi rumah tersebut. Apakah cukup dekat dengan fasilitas umum seperti klinik, swalayan, pasar dan lain-lain. Kenali pula tetangga sekitar, siapa saja yang akan menjadi tetangga Anda. Semua itu akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama bertempat tinggal di daerah tersebut.

Jadi sekarang tak perlu bingung lagi menentukan rumah disewakan yang berkualitas, bukan? Dengan beberapa cara di atas, sedikit banyak akan membantu Anda dalam mencari rumah sewa terbaik. Semoga bermanfaat!