Ceekars 4D Headphones, Smartheadphone Khusus Untuk Dunia VR

Saat ini tren virtual headset (VR) masih melanda dunia IT. Gadget ini memungkinkan penggunanya untuk seakan berada di dalam dunia digital yang sedang ia nikmati, seperti bermain game atau menonton film. Salah satu VR yang banyak dikenali adalah Oculus Rift.

VR ditujukan untuk mata, sedangkan untuk mendengarkan audio dari yang pengguna lihat, masih menggunakan headphone konvensional. Namun sebuah startup dari Miami yakni Next Galaxy sedang mengembangkan Ceekars 4D Headphones, sebuah smart headphone yang didesain untuk membawa tingkatan baru dalam dunia VR, khususnya dalam hal audio.

Headset VR seperti Oculus Rift dan Gear VR jelas membawa tingkatan baru visual dalam hal gaming dan menonton film, namun untuk ranah audio, belum ada yang mampu melakukannya. Sebenarnya prototif terakhir dari Oculus Rift telah menambahkan fitur audio, namun pengembangannya masih menjadi fokus yang minor dari pada developer VR karena mereka masih fokus pada visual. Oleh karena itulah masih banyak pengembangan yang perlu dilakukan dalam ranah audio, dan Ceekars 4D pun mengisi slot tersebut.

Menggunakan teknologi “4D sound” yang telah dipatenkan, Ceekars 4D headphone mencoba untuk menawarkan sistem surround sound yang terasa lebih terintegrasi pada lingkungan visual, sehingga terdengar lebih nyata. Sebagai contoh, gamer akan merasa suara yang berbeda tergantung di mana mereka sedang bergerak. Suara akan terdengar lebih kencang dan jelas saat bergerak semakin dekat dengan sumber suara, dan semakin pelan jika suara datang dari belakang dinding atau pintu.

Salah satu keunggulan lain adalah fitur haptick feedback yang terdapat di dalam headband dari headphone. Jika Anda biasa bermain game dengan gamepad, haptic feedback ini dalam bentuk getaran yang merupakan respon dari game. Pada Ceekars 4D, pengguna dapat merasakan tekanan dan getaran berdasarkan intensitas suara dan jaraknya. Misalnya merasakan gemuruh suara pesawat saat tinggal landas, atau roket yang meluncur dari tanah.

Dalam paket penjualan, smart headphone ini hadir dengan virtual VR dalam bahan karton yang terinpirasi milik Google. Lalu ada juga sebuah remote control yang wireless sehingga pengguna tak terganggu dengan adanya kabel.

Walau Ceekars ditujukan bagi lingkungan VR, teknologi suara dan haptic feedback yang ditawarkan juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton video seperti biasa. Ceekars tersedia dalam 2 versi. Pertama adalah versi PC yang koneksinya menggunakan kabel sepanjang 2 meter dengan jack audio 3.5 mm dan port USB untuk pengisian daya. Kedua adalah versi mobile dengan port microUSB, koneksi Bluetooth hingga 20 meter, dan baterai rechargeable yang tahan hingga 6 jam pemakaian. Kedua versi juga dibekali dengan mikrofon yang dapat dilepas jika tak ingin digunakan. Ceekars 4D dilempar ke pasaran dengan harga $150 untuk versi PC dan $199 untuk versi mobile.