Doa Menyembelih Hewan Qurban dan Tata Caranya


Udah tahu bagaimana doa menyembelih hewan qurban? Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya pada bulan Dzulhijjah adalah meyembelih hewan Qurban. Hal ini berdasarkan firman Allah Pada Surat Al-Kautsar ayat 2 yang artinya: “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah”

Kemudian pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Ibnu Majah semakin mempertegas ibadah Qurban ini, dimana Hadist tersebut menyebutkan bahwa: “Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang memiliki keluasan rezeki lalu tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami”.

Dari kedua landasan hukum ini, maka dapat kita ketahui bahwa hukum berqurban adalah Sunnah Muakkadah (Sunnah Yang sangat dianjurkan), tidak sampai wajib. Namun jika qurban sebagai bentuk nadzar, maka hukumnya menjadi wajib ‘ain seperti ibadah ketaatan lainnya.

Sebagaimana ibadah lainnya, terkait ruang lingkupnya, qurban juga telah diatur oleh syari’at. Mulai dari jenis hewan yang harus digunakan untuk qurban hingga tata cara penyembelihannya. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan Doa dan tata cara menyembelih hewan qurban. Bagi anda yang hendak berqurban, wajib hukumnya tahu terkait doa dan tata caranya, untuk itu simak penjelasannya hingga akhir ya!.

Doa Menyembelih Qurban

Seperti yang telah dijelaskan bahwa, qurban merupakan salah satu cara kita beribadah kepada Allah dengan menyembelih hewan qurban. Agar ibadah kita diterima, kita harus melaksanakannya dengan baik. Tidak seperti menyembelih hewan pada umumnya, dalam menyembelih hewan qurban kita harus memperhatikan tata caranya agar ibadah qurban kita diterima. Salah satu anjuran Nabi ketika hendak menyembelih hewan qurban adalah mengucapkan doa:

“ Bismillahi Wallaahu akbaru Allahumma haadzihi minka wa, fataqabbal minnii yaa kariim”. Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah hewan ini adalah nikmat dari-Mu dan dengan ini aku berqurban kepada-Mu wahai Tuhan Yang Maha Mulia.

Doa tersebut dibaca oleh orang yang berqurban, dimana orang tersebut menyembelihnya sendiri. Namun jika orang yang berqurban tidak kuasa melakukan penyembelihan, dan menyerahkannya kepada orang lain untuk disembelih, maka orang yang diamanati tersebut harus membaca doa:

Allahumma taqabbal min fulan (sebutkan orang yang berqurban) wa aali fulan” Artinya: “ Ya Allah Terimalah qurban ini dari Fulan (menyebut nama yang berqurban) dan keluarganya.”

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Adalah sebuah kesunnahan, menyembelih hewan qurbannya sendiri bagi laki-laki dan memiliki kemampuan dalam menyembelih. Namun jika yang berqurban tidak demikian, maka terkait penyembelihan hewan qurban dapat diwakilkan kepada orang yang cakap dalam hal itu. Hal ini sebagaimana penjelasan Imam Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Al-Majmu’ sebagai berikut:

“ Dan mustahab (sunnah) hukumnya menyembelih hewan qurban sendiri berdasarkan hadits Annas ra, dan boleh digantikan oleh lainnya berdasarkan riwayat Jabir ra, juga mustahab (sunnah) untuk tidak mewakilkan kecuali pada orang muslim karena ini adalah qurban (ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah), maka lebih utama tidak mewakilkan kepada orang kafir, hal ini dapat menghindarkan dari perbedaan pendapat, sebab pada mahzhab maliki berpendapat bahwa tidak sah sembelihan ini, namun jika diwakilkan kepada orang yahudi atau nasrani diperbolehkan dikarenakan mereka adalah ahli berqurban. Dan sunnah hukumnya jika yang menyembelih adalah orang yang alim karena ia lebih mengetahui tata cara menyembelih. Disunnahkan pula, jika berqurban dengan diwakilkan, maka yang berqurban menyaksikan proses penyembelihannya, sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Adu Sa’ad Al-khudhri ra. “

Nah itulah doa menyembelih hewan qurban secara lengkap beserta maknanya. Semoga kamu makin mantap untuk melakukanya.