Hari Gini Kulit Kusam? Ini Nih 5 Cara Mengatasinya dengan Madu

Telah banyak pembahasan mengenai perawatan wajah kusam dengan bahan alami. Salah satunya yang bisa mengatasi kulit kusam ialah madu. Madu dikenal berkhasiat sebagai perangkat medis yang alami. Madu juga bisa menghilangkan kusam wajah karena terpapar sianr matahari. Ini nih, 3 cara mengatasi kulit kusam dengan madu.

  1. Masker madu

Masker madu sudah lazim digunakan, khasiat yang terkandung di dalamnya memang dapat memutihkan kulit wajah.  Madu dapat  membantu menyerap  kelembaban kulit dan menjaga kulit dari risiko infeksi. Madu kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, salah satunya ialah vitamin E yang menjaga kelembaban kulit.

Untuk menggunakan masker madu caranya cukup mudah. Oleskan madu ke seluruh wajah Anda, kemudian diamkan selama 20 menit.  Setelah itu basuh dengan air, agar hasil maksimal dapat digunakan sebagai masker untuk malam hari. Antioksidannya dapat menmudarkan flek hitam di permukaan kulit wajah.

  1. Madu dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang dikenal sebagai pemasok vitamin C yang banyak. Selain itu, jeuk nipis juga mengandung vitamin B, antioksidan dan antibakteri dalam jeruk nipis bermanfaat untuk mamutihkan kulit wajah secara alami. Kombinasi madu dan jeruk nipis bisa mencerahkan kulit wajah secara maksimal.

Langkah-langkahnya cukup simple. Perasan jeruk nipis dan sesendok madu dicampurkan merata dalam suatu wadah. Oleskan madu ke wajah, diamkan selama 30 menit, setelah semua selesai, basuh muka dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan setiap hari dengan rutin.

  1. Madu dan Lemon

Lemon saja sebenarnya sudah cukup untuk memutihkan wajah, namun jika berkombinasi dengan madu maka hasilnya lebih maksimal. Kandungan Asam nitrat  pada lemon dapat mencerahkan kulit. Khasiat yang ada keduanya akan bekerja untuk membantu mencerahkan kulit.

Caranya ialah ½ jeruk lemon yang diperas dicampurkan dengan  sesendok madu. Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. kemudian campuran madu dan lemon dioleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Akhiri dengan membasuh wajah menggunaakan air dingin, agar pori-pori mengecil. Untuk hasil maksimal lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki beragam khasiat untuk kulit. Masker minyak zaitun sering digunakan untuk mencerahkan kulit, terutama jenis extra virgin olive oil yang masih alami dan terbebas dari kandunagna bahan kimia. Kandungan vitamin E yang lengkap pada minyak zaitun dapat berkolaborasi dengan madu agar maksimal menghilangkan noda kusam pada wajah.

Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan mengaduk madu dan minyak zaitun sebanyak satu sendok ke dalam wadah, aduk hingga membentuk pasta, oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilasa hingga bersih dan gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Madu dan Tomat

Tomat yang tinggi vitamin C juga efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Tomat mengandung beberapa nutrisi yang mendukung untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah menjadi kusam. Protein, karbohidrat, mineral dan air yang terkandung pada tomat adalah komponen penting untuk menutrisi kulit.

Untuk perpaduan antara tomat dan madu caranya juga sederhana. Ambil sari tomat dengan cara dihaluskan. Kemudian, campurkan satu sendok madu, aduk hingga rata dan oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, basuh dengan air dingin sampai bersih. Untuk lebih aksimal gunakan secara rutin

Cara perawatan wajah kusam dengan madu cukup sederhana dan tak memakan waktu lama. Khasiatnya  yang juga maksimal jika dikombinasikan dengan bahan yang alami. Memelihara kulit wajah dengan rutin dapat menjaga kesehatan kulit yang sering terpapar sinar UV. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.