Hasil Uji Klinis Vaksin Sinovac Fase 1, 2 dan 3

Update Vaksin Corona: Dari yang Efektif Hingga Mulai Uji Tahap Akhir

Vaksin Sinovac menjadi salah satu kandidat vaksin yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi pandemi virus corona. Vaksin besutan produsen asal China ini termasuk cukup cepat perkembangannya karena sudah memasuki uji klinis tahap III di beberapa Negara. Lalu bagaimanakah dengan hasil dari uji coba yang dilakukan tersebut?

Pengembangan vaksin memang masih terus dilakukan hingga saat ini. Para peneliti dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk bisa menemukan dan mengembangkan jenis vaksin yang tepat dan juga efektif untuk mengatasi penyebaran infeksi virus corona yang melanda ke berbagai belahan dunia.

Bagaimana Hasil Uji Klinis Vaksin Sinovac?

WHO Nyatakan Vaksin Corona Tak Lantas Hentikan Pandemi

Pengembangan sejumlah kandidat vaksin untuk mengatasi penyebaran virus corona memang sangat menarik untuk disimak. Sebagai salah satu kandidat, vaksin Sinovac dinilai sebagai salah satu yang memiliki timeline pengembangan relatif cukup cepat. Setelah merampungkan uji klinis vaksin tahap I dan II, Sinovac kini tengah melakukan pengujian vaksin tahap III di beberapa negara.

Bahkan dikabarkan, Indonesia sendiri pun hendak turut serta dalam proses uji coba tahap III dari vaksin besutan Sinovac ini. Dengan rangkaian timeline yang terbilang cukup cepat ini, tidak mengherankan apabila muncul pengharapan bahwa vaksin ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghadapi pandemi.

Jika sudah melalui beberapa rangkaian tahap pengujian, mungkin kamu jadi bertanya-tanya mengenai hasil dari pengujian tersebut dan prospeknya mengenai peluang vaksin Sinovac untuk bisa digunakan sebagai ‘obat’ untuk mengatasi pandemi yang melanda dunia.

Menurut sejumlah sumber, untuk uji klinis tahap II sendiri pihak Sinovac sudah mengupayakan agar hasilnya bisa ditampilkan atau dimuat pada jurnal kesehatan. Jika upaya ini memang benar-benar dilakukan maka bisa menjadi salah satu transparansi dalam proses penelitian dan pengembangan dari vaksin untuk mengatasi infeksi corona.

Sementara itu, untuk uji coba tahap III belum ada laporan resmi yang diturunkan terkait dengan hasil penelitian tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan uji coba tahap III ini belum dipublikasikan.

Beberapa diantaranya adalah karena proses uji coba tahap III sendiri masih berlangsung dan belum sepenuhnya selesai. Di Indonesia sendiri, tahapan uji coba tahap III ini juga belum selesai dilakukan karena masih melibatkan serangkaian proses yang cukup panjang.

Vaksin Sinovac Tersedia Tahun 2021

Menilik proses uji coba yang cukup panjang, diprediksi bahwa hasil uji coba tersebut baru akan bisa dilihat/dinilai pada tahun 2021 yang akan datang. Perkiraan ini dengan asumsi semua langkah proses pengujian berlangsung secara lancar dan juga efektif.

Sama seperti di Indonesia, di Negara lain yang juga melakukan uji coba tahap III dari vaksin Sinovac ini juga belum ‘berani’ untuk menarik kesimpulan. Negara-negara seperti Brasil yang juga menggunakan vaksin buatan Sinovac ini pun belum memiliki kesimpulan akhir terkait efektivitas penggunaan vaksin yang satu ini.

Bagaimana Efektivitas Vaksin Sinovac?

Meski digadang-gadang menjadi salah satu kandidat untuk mengatasi pandemi virus corona, namun efektivitas dari vaksin ini pun masih dipertanyakan. Berbagai proses uji coba dan juga evaluasi masih dibutuhkan sebelum mengambil keputusan terkait dengan penggunaan vaksin yang tepat untuk mengatasi corona.

Kalau kamu ingin mengetahui secara lebih lanjut terkait dengan vaksin dan juga informasi seputar kesehatan lainnya, Halodoc merupakan solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda. Selain bisa menemukan sejumlah informasi akurat terkait dengan dunia kesehatan, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan ataupun konsultasi dengan dokter yang berkualitas terkait dengan keluhan ataupun penyakit tertentu.

Demikianlah ulasan tentang hasil uji klinis dari vaksin Sinovac. Mengingat bahwa hingga saat ini belum ada vaksin yang benar-benar tepat dan efektif untuk melawan corona, menaati protokol kesehatan merupakan alternatif cara yang bisa digunakan untuk mengurangi potensi risiko terjadinya paparan virus corona.