Informasi Tol Trans Jawa Terkini : Mudik Bawa Motor via Tol Trans Jawa? Bisa Saja, Ini Caranya

Lebaran di masyarakat Indonesia memang selalu identik dengan yang namanya mudik. Dimana liburan Lebaran seringkali menjadi momentum sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing, atau yang dikenal dengan istilah mudik. Ya, Mudik ini sudah dijadikan acara ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia, dimana mereka yang tinggal di kota atau tempat kerja, akan berbondong-bondong melakukan pulang kampung untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar di kampung halamannya. Sehingga tidak heran, kalau banyak orang jauh-jauh hari yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mudik. Baik itu biaya mudik, barang-barang yang akan dibawa, perbekalan, dan lain sebagainya.

Dengan mulai beroperasinya sejumlah ruas tol dengan rute panjang seperti Tol Trans Jawa serta Tol Bakter Sumatra, maka tentunya akan membuat acara mudik menjadi semakin mudah. Karena dengan adanya jalan tol perjalanan bisa menjadi lebih cepat. Memang pada saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah pembangunan jalan Tol Trans Jawa terkini.

Ketika anda akan mudik melewati jalan bebas hambatan (jalan tol), maka anda harus menggunakan kendaraan roda empat atau lebih, dan tertutup. Sehingga pilihannya anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan kendaraan umum seperti layanan travel maupun bus.

Namun ada kabar baik bagi anda para bikers yang ingin mudik ke kampung halaman dengan membawa sepeda motor. Karena pada saat ini sepeda motor juga bisa melintasi di Tol Trans Jawa. Namun sepeda motor tersebut tidak bisa digunakan oleh anda, karena motor anda harus diangkut di bagasi bus. Emang bisa? Tentu saja bisa. Salah satunya adalah seperti model bus yang dipamerkan oleh Kroseri Laksana di ajang Busworld South East Asia 2019, di area  JIExpo, Kemayoran, Jakarta (20/02/2019) yang lalu.

Dimana bus yang memiliki kemampuan untuk membawa 6 unit motor ini merupakan model Legacy SR2, yang dikombinasi dengan sasis dan mesin Mercedez-Benz 1626 Transporter. Dengan jenis sasis yang dimilikinya, bus ini tergolong high decker. Sehingga bisa memiliki sisa kompartemen yang cukup luas di bagian bawahnya.

“Ruang bagasi bawah bisa memuat 6 unit sepeda motor. Tapi untuk jenisnya, hanya bisa menampung motor jenis matic dan bebek saja. Itu pun kaca spion harus dicopot terlebih dahulu,” kata salah satu sales Laksana yang sedang berjaga di booth.

Walaupun motor anda disimpan di bagasi, namun jangan khawatir motor terkena lecet-lecet karena terombang-ambing goyangan bus. Karena sudah ada pengunci roda yang bisa membuat motor anda tetap tegak dan tidak goyah, meskipun bus sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, nampak juga jarak antara motor yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu rapat, sehingga motor anda dijamin akan aman dan bebas dari terkena lecet yang diakibatkan oleh gesekan antar motor.

Karena memang sepeda motor ini tidak direkomendasikan menjadi sarana transfortasi untuk mudik, apalagi untuk mudik jarak jauh. Tetapi untuk perjalanan jarak jauh anda membutuhkan kendaraan roda empat yang memang diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh, misalnya bus.Karena dengan menggunakan bus ini, anda akan merasa lebih nyaman, dan lebih leluasa dalam bergerak karena memang bus memilki ukuran kabin yang besar. Sehingga perjalanan jarak jauh anda menjadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan. Apalagi jika busa tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni.

referensi : https://www.jokowi.link/