Ingin Perjalanan di Kereta Api Menyenangkan? Ini Tipsnya

Anda membutuhkan kegiatan saat liburan? Melakukan perjalanan wisata atau traveling adalah salah satu bentuk liburan menyenangkan. Aktivitas ini mampu menghilangkan stres dan penat karena banyak beban.

Hasil penelitian menunjukkan, liburan bisa mengurangi risiko kematian. Anda akan menemukan kebahagiaan saat menikmati perjalanan. Selain itu, liburan pun bisa menyegarkan pikiran.

Liburan tidak hanya soal kesenangan, tetapi juga masalah persiapan. Salah satunya, menentukan jenis transportasi yang ingin digunakan. Sejauh ini, kereta api merupakan transportasi darat yang paling aman dan nyaman.

Sebelum tahun 2011, naik kereta api kurang nyaman. Pasalnya, penumpang yang tidak kebagian tiket harus berdesakan di dalam gerbong. Ironisnya, banyak penumpang bergantungan di pintu kereta saat mudik di hari raya.

Kini, kereta api menjadi kendaraan andalan. Tiket kereta api pun mudah didapatkan, bahkan tidak perlu melalui antrean. Anda bisa memesannya secara online di official partner PT KAI seperti Traveloka. Biayanya ditransfer melalui ATM atau fitur layanan perbankan. Selanjutnya, bukti pembayaran akan dikirim melalui email.

Supaya perjalanan di dalam kereta menyenangkan, ini tips-tips yang bisa Anda lakukan.

  • Memesan Tiket Lebih Awal
    Stasiun – pixabay.com

    Kereta api merupakan transportasi umum yang paling laris. Terlebih, ketika libur panjang, tiketnya ludes dalam hitungan jam. Supaya tidak kehabisan, sebaiknya Anda memesan tiket 30 hari sebelum keberangkatan. Agar pemesanan tiket kereta apinya lebih mudah dan hemat waktu, Anda bisa memesannya dari situs Traveloka.com, dan dapatkan tiket kereta api yang paling murah.

    Biasanya, harga tiket yang ditawarkan bervariasi. Satu lembar tiket, mungkin memiliki dua sampai tiga nominal tarif. Contohnya, tiket kelas ekonomi dibanderol dengan biaya Rp74.000 pada jam pertama. Kemudian, jam berikutnya, harga tiket berubah menjadi Rp90.000 per lembar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket kereta tergolong stabil.

    Pilih waktu keberangkatan di luar musim liburan. Tujuannya, supaya Anda mendapatkan tiket murah. Selain itu, Anda lebih leluasa memilih gerbong dan tempat duduk yang nyaman di dalam kereta.

    • Memilih Gerbong dan Letak Tempat Duduk
      Kursi Kereta – pixabay.com

      Sebenarnya, urutan gerbong dan posisi tempat duduk tergantung selera Anda. Tapi, tidak ada salahnya jika memilih gerbong di bagian tengah. Getaran suara di gerbong tengah tidak terlalu nyaring. Kondisi ini membuat Anda merasa nyaman saat beristirahat di dalam gerbong.

      Bagaimana dengan tips memilih kursi? Jarak antarkursi di kereta ekonomi cenderung berdekatan dan sempit. Solusinya, Anda harus mencari kursi yang tidak memiliki lawan. Biasanya, kursi tersebut terletak di area bordes. Tapi, kalau ingin menikmati indahnya panorama, hindari bordes karena tidak ada jendela di sana.

      Apa pun jenis kereta yang digunakan, sebaiknya tidak memilih kursi yang letaknya di atas roda. Posisi tersebut bisa mengganggu kenyamanan Anda. Selain itu, hindari kursi yang memiliki jendela searah dengan sinar matahari. Jendela kereta berbahan kaca bisa menerima radiasinya. Akibatnya, udara di sekitar kursi menjadi panas.

      • Mengemas Barang-Barang dalam Satu Tas

      Dulu, penumpang kereta boleh membawa banyak barang. Tidak ada aturan yang membatasi berat barang. Itulah sebabnya, gerbong kereta menjadi sesak dan pengap.

      Sejak tahun 2016, PT KAI menetapkan peraturan baru untuk pengguna kereta. Berat barang yang dibawa tidak boleh melebihi 20 kg. Jika melanggar, penumpang akan dikenai denda.

      Penumpang kelas eksekutif yang tidak mematuhi aturan harus membayar denda Rp50.000, sedangkan Rp30.000 untuk pelanggar dari kereta bisnis. Sementara itu, pelanggaran bagasi di kelas ekonomi, dendanya Rp15.000 per 5 kg.

      Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus membawa barang seperlunya. Kemudian, mengemasnya dalam satu tas. Hindari menggunakan koper supaya tidak memberatkan. Gunakan saja tas punggung atau ransel. Jika tidak punya ransel, Anda bisa memakai dua tas kecil untuk meringkasnya.

      • Hindari Memakai Sepatu Hak Tinggi

      Sepatu hak tinggi memang mempercantik penampilan wanita. Namun, bukan berarti bisa digunakan di mana saja. Jika ingin memakai sepatu hak tinggi, Anda harus melihat situasi.

      Saat melakukan perjalanan jauh, hindari menggunakan sepatu hak tinggi. Apalagi, ketika Anda naik kereta, sepatu hak tinggi bisa membawa petaka. Pertama, Anda akan kesulitan menapaki tangga kereta. Terlebih saat turun dari bordes, kaki Anda bisa tergelincir.

      Kedua, jika menginjak kaki orang lain, rasa sakitnya luar biasa. Sepatu hak tinggi cenderung tajam dan berat sehingga tekanannya lebih kuat. Risiko paling besar, ketika jarak peron dan pintu kereta terlalu jauh. Sepatu hak tinggi tentu menghalangi Anda untuk melompat dengan cepat dan mudah.

      • Membawa Makanan dan Minuman Secukupnya

      Perjalanan jauh cenderung membuat seseorang merasa lelah. Rasa lelah tersebut menyebabkan perut lebih cepat lapar. Itulah sebabnya, seseorang membutuhkan lebih banyak makanan saat menumpang kereta.

      Sayangnya, sekarang, pedagang asongan dilarang memasuki gerbong. Akibatnya, penumpang sulit mendapatkan makanan atau minuman murah. Sebenarnya, semua itu bisa didapatkan di gerbong makan. Tapi, harganya tergolong mahal untuk ukuran kantong backpacker. Jadi, tidak ada salahnya, Anda membeli makanan dan minuman di luar stasiun dan memasukkannya ke dalam tas.

      • Meletakkan Tas di Dekat Tempat Duduk

      Anda membawa lebih dari satu tas saat bepergian? Banyaknya barang yang dibawa tidak menjadi masalah jika memakai kendaraan pribadi. Anda bebas menatanya dalam bagasi. Namun, ketika menumpang kereta, Anda harus jeli memilih bagasi untuk menaruh barang.

      Umumnya, bagasi kereta terletak di atas tempat duduk penumpang. Bagasi itu memanjang di dalam gerbong. Jika bagasi di dekat kursi Anda masih luas, silakan letakkan tas di sana. Sebaliknya, saat bagasi penuh, manfaatkan kolong kursi untuk menyimpan barang.

      Itulah beberapa tips agar Anda merasa nyaman saat melakukan perjalanan wisata dngan kereta api. Semoga bermanfaat.