Ingin Tetap Sehat dan Cantik Saat Hamil? Ini Tipsnya!

Banyak wanita beranggapan apabila sedang hamil tidak boleh menggunakan krim perawatan, kosmetik, bahkan facial. Hal itu tidak tepat karena tanpa perawatan yang tepat ibu hamil akan tampil dengan wajah yang pucat tanpa make-up, noda/flek di wajah yang timbul karena hamil, jerawat, belum lagi bagian kulit lain yang terlihat kasar dan kusam.

Perlu diketahui perubahan hormon ketika hamil menyebabkan beberapa hal terhadap wanita. Selain perubahan secara fisik tentunya, perubahan pada kulit juga banyak terjadi. Masing-masing wanita mengalami hal berbeda ketika hamil, misalnya flek yang timbul di wajah dan leher, terutama menumpuk di sekitar hidung, jerawat yang banyak, muka yang kemerahan, kulit tangan dan kaki menjadi kasar dan kusam, rambut berketombe bahkan stretchmarks. Malahan ada sebagian wanita yang mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal di badan mereka. Karena efek dari perubahan hormon maka hal tersebut wajar-wajar saja terjadi. Tapi kebanyakan wanita tidak merasa nyaman dengan perubahan tersebut, apalagi bagi mereka yang tidak pernah mengalami masalah tersebut sebelumnya.

Dalam kehidupan nyata, banyak ibu hamil yang menghindari atau setidaknya menghentikan sejenak kebiasaan mewarnai rambut. Memang beberapa zat aktif yang terdapat dalam formula pewarna rambut dapat menyerap ke dalam kulit kepala dan masuk ke dalam sirkulasi tubuh. Karena itu tidak dianjurkan melakukan pewarnaan rambut pada bulan pertama kehamilan. Karena di masa tersebut organ-organ penting janin sedang berkembang. Bila ingin melakukan perawatan rambut, cukup melakukan perawatan seperti creambath dan hairspa.

Masalah lain yang juga kerap mengganggu ibu hamil adalah kondisi kulit yang cenderung lebih berminyak. Sebagian ibu malahan menderita perubahan hormon yang cukup berarti sehingga muncul jerawat di kulit wajah. Masalah ini bisa dikurangi atau dicegah menjadi lebih buruk dengan menggunakan obat jerawat atau produk perawatan khusus yang aman bagi ibu hamil dan janin. Pilih obat jerawat jenis topikal (dioleskan pada kulit) atau produk perawatan kulit yang tidak mengandung Tretinoins, seperti Retin-A, renol. Hindari obat jerawat yang mengandung Accutane. Obat jenis ini diyakini bisa memicu terjadinya kelainan janin.

Jika seorang ibu hamil mengalami masalah kulit, sebaiknya menghindari produk perawatan yang mengandung minyak sehingga tidak memicu timbulnya jerawat baru. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dan tanyakan obat jerawat apa yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Perawatan facial sebenarnya masih bisa ibu lakukan, facial sederhana yang tidak mempergunakan alat. Dengan melakukan facial wajah ibu akan tetap terlihat cerah, karena dengan facial sel-sel kulit mati dan komedo dapat terangkat, perawatan ini juga memperlancar peredaran darah. Pilihlah facial yang ada totok wajah, juga massage dada dan punggung. Facial tersebut akan bermanfaat untuk ibu, selain wajah menjadi bersih dan cerah, badan juga akan menjadi rileks karena efek pijatan. Lakukan juga perawatan mikrodermabrasi atau chemical peeling menggunakan glycolic acid untuk membersihkan tumpukan sel-sel kulit mati sekaligus merangsang proses regenerasi kulit yang lebih baik. Lakukan treatment tersebut di bawah pengawasan dokter ahli.

Produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, yang biasanya mengandung formula dari buah-buahan atau bahan-bahan alami lain yang kaya vitamin C dan E, terbukti efektif mempertahankan kesehatan kulit selama hamil. Untuk penggunaan kosmetik seperti lipstik, eye shadow atau bedak, aman digunakan selama dalam penggunaan kosmetik tersebut tidak ada dampak yang negatif untuk kulit ibu, misalnya menimbulkan gatal, bibir menjadi kering atau flek di wajah menjadi banyak. Bila muncul gejala tersebut sebaiknya pemakaian dihentikan dulu, ibu cukup menggunakan krim yang diberikan oleh dokter.

Selain perawatan facial, ibu juga dapat melakukan perawatan seperti spa, pilihlah tempat spa favorit ibu, jangan lupa ibu katakan ke terapis jika ibu sedang hamil, atau ibu juga bisa datang ke tempat spa khusus ibu hamil. Refleksi juga dapat ibu lakukan, treatment ini baik sekali untuk ibu hamil, terutama dalam hal menangani keluhan pegal-pegal atau varises pada kaki yang biasanya ibu hamil mengalami keluhan ini.