Ini Dia 4 Tips Jitu Dalam Mendidik Anak Kembar

Hasil gambar untuk popmama.com anak kembar

Memiliki anak kembar merupakan hal yang paling didambakan oleh sebagian besar pasangan suami istri diseluruh dunia. Dan biasanya anak kembar itu selalu sejenis, serta akan dikenakan pakaian yang sama ketika masih bayi. Bahkan, dari pemberian namanya juga tidak akan berbeda jauh seperti Rena dan Reni, atau Ronal dan Renal. Namun setelah menginjak usia 4 tahun keatas, biasanya si kembar ingin tampil berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Dengan kata lain, mereka tidak ingin disama-samakan satu sama lainnya.

Akan tetapi, tidak banyak dari pasangan suami istri yang dikaruniai sepasang anak kembar. Maka dari itu, beruntunglah bagi para pasangan suami istri yang telah dikaruniai sepasang anak kembar. Menurut pakar anak-anak, memiliki anak kembar itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua dalam mengasuh dan mendidiknya. Pasalnya, tak jarang selalu terjadi pertengkaran diantara sikembar. Nah, berbicara parenting guide, berikut dibawah ini ada 4 tips jitu dalam mendidik anak kembar :

  1. Berikan Kebebasan Bermain

Tips jitu pertama yang harus anda lakukan dalam mengasuh dan mendidik anak kembar, yakni berikan mereka kebebasan saat bermain. Meski demikian, bukan berarti anda memberikan kebebasan sepenuhnya. Dengan kata lain, anda juga tetap harus menawasinya agar dapat terkontrol dengan baik.

  1. Ajari Rasa Hormat

Tips jitu kedua yang harus anda lakukan dalam mendidik anak kembar, yakni ajarilah rasa hormat. Ya, ajari mereka rasa hormat baik itu kepada adik atau kakaknya, orang tua, maupun orang-orang disekitar lingkungannya.

  1. Jangan Menyamakan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa si kembar ini paling tidak suka untuk disama-samakan antara satu sama lainnya. Disamping itu, anda juga jangan sampai membanding-bandingkan diantara mereka. Sebab, si kembar ini memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing.

  1. Tegas

Tips jitu keempat yang harus anda lakukan dalam mendidik anak kembar, yakni harus ada ketegasan. Dengan ketegasan, maka si kembar ini akan tumbuh menjadi anak yang disiplin. Namun yang perlu anda catat disini, bahwa tegas itu bukan berarti keras.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 tips jitu dalam mendidik anak kembar. Mengingat ketersediaan waktu yang terbatas, maka dengan terpaksa kita akhiri dulu perjumpaanya hanya sampai disini saja.