Ini Dia 5 Tips Aman Dalam Berbelanja Online

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di tahun 2017, orang-orang lebih senang memilih belanja secara online pada saat hari weekend. Namun, situasi seperti ini justeru akan dimanfaatkan oleh para oknum-oknum digital dikarenakan banyaknya transaksi melalui rekening. Dengan kata lain, semakin banyak yang bertransaksi lewat rekening maka akan semakin banyak juga peluang yang akan didapatkan oleh para oknum-oknum digital tersebut. Tentu saja dalam kasus ini yang akan merugi adalah diri anda sendiri. Oleh karena itu, kita harus tahu trik-trik agar terhindar hal yang tidak diinginkan. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 5 tips aman dalam berbelanja online :

  1. Amati Kebijakan Situs Web-nya Dengan Data pribadi Anda

Jika situs web tersebut menuliskan bahwa sipengelola berhak memberikan data pribadi anda kepada orang lain, maka sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli online di situs tersebut. Selain itu, anda juga harus mengamati kebijakan tentang returnya. Mengingat barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan lagi, maka harus ada garansinya.

  1. Cek Pake Barang Dengan Cara Melihat Deskripsi Produknya

Jika ada yang menjual barang dengan memasang harga yang sangat murah, justeru anda harus curiga pada hal tersebut. Pasalnya, kasus demikian sering terjadi penipuan.

  1. Lakukanlah Riset Ulang Pada Situs Web Ditempat Anda Berbelanja

Jika anda mengunjugi situs web yang tidak terlalu populer, ada baiknya jika anda memeriksa nomor telepon beserta alamat sipenjualnya. Jika dirasa mencurigakan, sebaiknya cari di Google mengenai keberadaan situs web online yang hendak anda kunjungi. Setelah diteliti ternyata ada yang tidak beres, maka jangan berbelanja disitus web tersebut.

  1. Amati Tanda Aman Pada Situs Web-nya

Jika situs web-nya terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan, maka akan ada tanda seperti gambar gembok di status bar browser. Pada saat anda diminta untuk memasukkan nomor kredit, maka pastikan dulu bahwa situs web tersebut sudah aman.

  1. Bukti Transaksinya Jangan Sampai Hilang

Simpan bukti transaksinya seperti nota pembelian, kuitansi digital, deskripsi produk dan harga, serta copy-an email antara anda dengan sipenjualnya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi takutnya barang yang sudah beli tadi ada yang cacat.

Itulah 5 tips aman dalam berbelanja online, yang bisa anda lakukan agar terhindar dari hal-hal negatif. Selain itu, apabila anda ingin mendapatkan potongan harga yang besar saat berbelanja online, maka harus bertepatan dengan harbolnas 2017.