Ini Dia Beberapa Resep Bubur Sayur Untuk Bayi 6 Bulan

Pada saat bayi sudah memasuki 6 bulan selain ASI, bayi akan membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Pasalnya ASI hanya memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sebesar 60 hingga 80 persen saja. Pemberian MPASI ini juga merupakan masa untuk memperkenalkan bayi untuk menguyah makanan sehingga bayi tidak akan menolak makanan yang diberikan ibunya. Bayi 6 bulan biasanya akan memperlihatkan keterampilannya didalam menguyah secara sederhana. Nah dimasa inilah sudah diperlukannya pemberian MPASI 6 bulan. Untuk menu MPASI 6 bulan maka ibu bisa memberikan sayur dalam bentuk bubur.

Berikut beberapa resep bubur sayur untuk bayi 6 bulan diantaranya yaitu :

  1. Bubur Beras Merah Wortel

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras merah 2 sdm. Wortel 50 gram dikupas lalu dipotong kecil dan direbus. Dan juga siapkan ASI sebanyak 200 ml.

Cara membuatnya adalah tepung beras merah dicampurkan dengan ASI sebanyak 200 ml lalu diaduk hingga kental. Lalu wortel yang sudah direbus dihaluskan hingga lembut.

  1. Bubur Brokoli Atom

Bahan bahan yang digunakan adalah brokoli 50 gram lalu dicuci dan dicincang. Ayam Giling 50 gram. Tomat 30 gram dikupas lalu dibuang bijinya dan dicincang. Dan untuk merebus siapkan air sebanyak 250 ml.

Cara membuatnya adalah brokoli, ayam, dan tomat direbus hingga matang lalu angkat. Setelah dingin haluskan semua bahan hingga lembut lalu tuangkan ke mangkuk kecil.

  1. Bubur Daging Sayuran

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah nasi putih 2 sdm, daging giling 100 gram, kacang panjang 1 buah, tahu sutra tanpa garam 3 potong, daun bayam merah 4 lembar, bawang putih 2 siung digeprek, minyak secukupnya, air secukupnya, dan extra virgin olive oil.

Cara membuatnya adalah nasi dimasukkan kedalam panci lalu air ditambahkan dan diaduk hingga rata. Bawang putih ditumis hingga harum lalu masukkan daging dan tunggu hingga warnanya berubah. Setelah itu air dimasukan dan biarkan hingga menyusut airnya. Jika sudah matang dagingnya lalu masukkan kedalam bubur bersamaan dengan kacang panjang, daun bayam merah, dan tahu sutra. Aduk semua bahan secara merata hingga bubur mengental. Jika buburnya sudah mengental lalu disaring. Kemudian extra virgin olive oil ditambahkan.

  1. Bubur Mix Oatmeal, Bayam Merah, Dan Hati Ayam

Bahan bahan yang dibutuhkan adalah bayam merah 1 genggam, hati ayam 1 potong, oatmeal 1 ½ sdm, daun salam 1 lembar, dan daun jeruk 2 lembar.

Cara membuatnya adalah bayam merah dan hati ayam dicuci bersih. Bayam merah direbus kurang lebih selama 10 menit. Air bekasan rebusan bayam digunakan untuk merebus hati ayam. Lalu masukkan daun salam dan daun jeruk kemudian direbus kira kira hingga menit diatas api kecil. Kemudian siapkan oatmeal didalam panci lalu tambahkan air kemudian dimasak hingga lembut. Setelah matang hati hayamnya lalu semua bahannya dimasukkan kedalam blender.

Itulah beberapa resep bubur sayur untuk bayi 6 bulan. Membuat bubur sendiri untuk sang buah hati tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan. Dengan membuat sendiri juga maka makanan akan terjaga kesehatan dan kebersihannya. Selama 2 atau 3 hari berikanlah MPASI yang sama secara berturut turut. Hal ini untuk mengenalkan rasa dan mengidentifikasi apakah bayi akan alergi terhadap makan yang ibu buat atau tidak.