Ini Dia Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Hasil gambar untuk Zwitsal.co.id

Pada usia bayi yang ke 3 sampai 4 bulan, seringkali terjadi perutnya mengembung. Hal ini wajar terjadi dikarenakan saluran pencernaannya yang belum berfungsi dengan sempurna. Seiring berjalannya waktu, bayi akan lebih sering mengalami perut kembung dikarenakan mereka mencoba berbagai macam makanan baru yang dilihatnya. Ketika perut bayi mengembung, mereka akan menjadi rewel tidak karuan.

Ketika bayi mulai menangis, anda bisa mencoba bagian perut bayi, jika terasa keras dan bayi menjadi sering buang angin, hal tersebut menandakan bahwa perutnya kembung. Cara mengatasi perut kembung pada bayi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal pertama yang adapat anda lakukan adalah, posisikan bayi di atas tempat tidur dengan benar.

Setelah bayi selesai meminum susu, gendong bayi dengan tangan anda lalu angkat kedua kakinya, kemudian gerakan kaki mereka secara perlahan untuk membantu bayi mengeluarkan gas dari perutnya. Selain itu, anda bisa menggunakan cara lain dengan memijat perut bayi secara perlahan-lahan searah dengan jarum jam ketika memposisikan bayi di atas tempat tidur.

Usap-usap juga punggung bayi dengan memposisikan bayi di atas paha anda secara telungkup. Selain dari cara-cara tersebut, pencegahan perut kembung juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda bisa melakukan pencegahan perut kembung dengan menggendong bayi dengan posisi tegak setelah ia minum susu. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan susu agar lancar masuk ke dalam perut.

Susuilah bayi anda pada jam makannya sebelum ia lapar, agar bayi tidak mengalami masuk angin. Perut bayi yang sering mengembung juga dapat menjadi hal yang serius dikarenakan pencernaannya sering terganggu. Biasanya hal tersebut  ditandai dengan sering rewelnya sang bayi, sulit buang air besar, muntah-muntah, dan juga demam tinggi. Jika gejala-gejala tersebut mulai bermunculan, anda bisa langsung menghubungi dokter.

Janganlah panik ketika bayi anda mulai rewel tanpa alasan yang jelas. Periksakan terlebih dahulu badan bayi untuk mengetahui penyebab rewelnya. Pemberian ASI secara rutin dan terjadwal dapat membantu mencegah perut kembung pada bayi. Perhatikan juga asupan makanan dari sang ibu, apabila makanan yang dikonsumsi ibu kurang baik, bisa berpengaruh juga terhadap bayi.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus bisa merawat anak dengan sebaiknya dengan memberi berbagai perawatan yang terbaik ya. Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda ya kawan! Selamat beraktifitas.