Ini Dia Spesifikasi Jenis Mobil SUV

Mengapa Mobil SUV Banyak Diminati di Indonesia, Terutama di Jakarta

Di Indonesia atmosfer persaingan antara mobil china SUV murah dengan MPV murah sedang menjadi tren mobil. Selama beberapa tahun kebelakang industri otomotif Indonesia dirajai oleh mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle. Tetapi sekarang telah hadirnya pesaing dari jenis mobil MPV yaitu jenis mobil SUV atau Sport Utility Vehicle. Hadirnya jenis mobil SUV ini merupakan idola baru bagi konsumen otomotif Indonesia. Sebenarnya antara MPV dan SUV perbedaannya sudah sangat jelas, tetapi didalam mengenali kedua jenis mobil tersebut masih banyaknya masyarakat yang salah dan terkecoh. Bukanlah tanpa alasan jika orang awam banyak yang salah mengira, pasalnya adanya bagian dari mobil MPV dan SUV yang kini hampir sama, padahal seharusnya berbeda.

Jika kamu sedang mencari mobil SUV maka kami akan memberikan info tentang spesifikasi mobil SUV, sehingga nantinya kamu tidak akan salah didalam memilih. Berikut spesifikasi jenis mobil SUV diantaranya yaitu :

  • Konsep mobil jenis SUV bisa dibilang merupakan gabungan antara jip, pikap, dan juga sedan. SUV dihadirkan sebagai kendaraan yang mempunyai kemampuan untuk melahap berbagai macam medan off road dan on road. Mobil SUV ini kuat dan macho karena karakter jip yang melekat padanya sehingga akan mampu melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan. SUV akan mampu melewati medan ekstrim pegunungan di Indonesia karena desain bodinya yang tangguh dan garang.
  • Selain dibuat tangguh untuk segala medan tetapi pada saat mengangkut penumpang akan mempunyai karakteristik mobil sedan. Ciri khas lain dari SUV Indonesia adalah kapasitas duduknya 4 orang dengan kenyamanan berkendara seperti berkendara menggunakan sedan. Dan bahkan sekarang dihadirkannya SUV 7 seaters supaya bisa memuat penumpang lebih banyak. Selain itu mobil ini dihadirkan supaya konsumen tidak suka dengan MPV tetapi akan beralih ke mobil SUV.
  • SUV dibuat dengan desain supaya bisa membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Jika mobil akan digunakan untuk membawa barang lebih banyak maka bisa dilipatnya kursi bagian belakangnya. Jika diperlukan pada mode ini SUV bisa mengakomodir kebutuhan pikap yang kecil.
  • Ground Clearance pada SUV didesain tinggi sehingga tidak akan menyangkutnya mobil di medan off-road atau jalanan bergelombang.
  • sekarang ini jenis mobil SUV hadir dengan muatan penumpang hingga 7 orang. Sehingga jika hanya mengandalkan jumlah penumpangnya maka akan sulit untuk membedakan apakah itu mobil SUV atau MPV.
  • Ban yang digunakan SUV profilnya besar dan menggunakan pelek sehingga dapat melahap medan off-road dengan sangat bail. SUV ini lebih tangguh dan tidak mudah tergelincir dikarenakan dimensi bannya yang lebra dan besar. SUV biasanya memiliki pelek 15 inci dengan profil bannya yang tebal dan juga gemuk.
  • Mobil SUV memiliki ciri khas yaitu adanya ban cadangan yang diletakkan pada punggung belakang mobil. Tetapi sekarang karena konsumen lebih menyukai kendaraan dengan desain yang ringkas dan elegan, maka penempatan ban dibelakang itu mulai ditinggalkan. Oleh karena itulah beberapa SUV menghilangkan penempatan ban cadangan pada bagian belakang mobilnya. Desain baru dari SUV ini seringkali membuat konsumen bingung. Sehingga untuk menunjukkan sebuah mobil itu SUV atau bukan pada saat pertama kali melihatnya bukanlah hal yang mudah.

Itulah spesifikasi jenis mobil SUV. Sekarang semakin menipis saja perbedaan antara MPV dan SUV sekarang, hal ini tidak terlepas dari mobil SUV terbaru semakin populer dan bahkan belakangan ini semakin santer saja. Tetapi bagaimana pun para penggemar mobil SUV akan lebih memahami mobil apa yang disukai dan diinginkannya.