Inidia Beberapa Objek Wisata Yang Indah dan Eksotis di Palembang

Hasil gambar untuk jembatan ampera

Palembang bukan hanya terkenal dengan pempeknya saja, namun banyak juga objek wisata yang indah dan eksotis di Palembang. Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan membahas tentang beberapa objek wisata yang indah dan eksotis di Palembang sebagai berikut :

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi 

Pada mulanya jembatan yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini dinamai Jembatan Bung Karno. Pemberian nama Jembatan Bung Karno ini ditujukan sebagai penghormatan kepada sang Presiden pertama Indonesia yang telah memperjuangkan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan diatas Sungai Musi. Akan tetapi, sang Presiden menolak pemberian nama tersebut. Sehingga akhirnya jembatan itu diberi nama Jembatan Ampera yang sangat sesuai dengan slogan bangsa Indonesia pada waktu itu, yakni Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) pada tahun 60 – an. Sedangkan Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra yang membelah Palembang menjadi 2 bagian. Di tempat ini banyak sekali objek wisata yang unik dan menarik, seperti Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, Restoran Terapung, dan lain sebagainya.

  1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin ini sangat dipengaruhi oleh 3 kebudayaan yang berbeda, yakni Indonesia, Eropa, dan China. Dimana gaya arsitektur Chinanya terlihat dari atapnya yang mirip dengan kelenteng serta ujung menaranya berbentuk kerucut seperti tumpeng. Sedangkan gaya Eropanya terlihat dari pintu gerbang masjid yang sangat besar dan kokoh. Masjid bersejarah ini merupakan salah satu peninggalan Sultan, sehingga tidak aneh kalau masjid ini dijadikan sebagai salah satu masjid nasional, serta cagar budaya di Palembang. 

  1. Bukit Siguntang

Tempat wisata ini merupakan sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan air laut yang letaknya sekitar 3 KM dari Sungai Musi bagian utara. Bukit Siguntang ini, pada masa Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai tempat peribadatan Ummat Budha pada waktu itu, dan sebagai tempat bertapa. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya arca yang berukuran besar disana. Bahkan hingga saat ini, banyak masyarakat setempat yang masih mensakralkan Bukit Siguntang ini. Sehingga tidak aneh kalau banyak orang yang menngunjungi tempat ini, untuk  berziarah ke makam-makan bangsawan Palembang.

  1. Benteng Kuto Besak

Tempat wisata yang terletak di tepi Sungai Musi ini bukanlah sebuah bangunan yang biasa. Karena bangunan ini merupakan bangunan bersejarah yang sudah berumur ratusan tahun. Biasanya saat malam tiba, tempat ini akan diramaikan oleh para pedagang pasar malam yang menjual berbagai kuliner yang enak dan lezat, salah satunya adalah makanan khas Palembang, yakni pempek. Selain itu, banyak juga penjual kaki lima yang ikut meramaikan pasar malam tersebut. Bukan hanya itu, disana anda juga bisa makan malam di atas kapal restoran terapung. Suasananya akan semakin romantis, karena adanya deretan lampu malam dengan refleksi warna kuning dari permukaan sungai, sehingga tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama pasangan.

  1. Gunung Dempo

Tempat wisata lainnya yang ada di Palembang adalah Gunung Dempo. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.159 mdpl ini akan menyajikan pemandangan yang sangat indah dan eksotik, ditambah dengan kebun teh yang sangat luas. Dan yang uniknya dari gunung ini adalah kawahnya yang bisa berubah-ubah, kadang hijau, putih, atau biru. Selain itu, di dekat gunung ini juga terdapat Kampung Ampat, yakni sebuah desa yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Jawa. Karena memang tempat ini merupakan salah satu tujuan transmigrasi masyarakat Jawa.

Supaya bisa mengunjungi objek-objek wisata diatas dengan aman dan nyaman, anda bisa rental mobil Palembang yang ada disana atau melalui situs Misteraladin.com.