Inilah Resep Dan Cara Membuat Kue Bandros Khas Bandung

Membahas tentang kuliner-kuliner khas Nusantara memang tidak ada bosan-bosannya. Semakin kesini semakin menarik saja untuk dibahas, dan salah satunya itu adalah kue Bandros yang kental dengan cita rasa buah kelapanya. Kue bandros sendiri merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang populer diberbagai daerah seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan masih banyak lagi. Dan yang lebih hebatnya lagi meski sudah memasuki era modern seperti sekarang, kue bandros masih tetap exis dengan mempertahankan rasa kelapanya tanpa tersentuh bahan-bahan kimia. Hal itu pula yang membuat kue bandros selalu terkesan dihati masyarakat Jawa Barat, khususnya masyarakat kota Bandung.

Berbicara seputar ulasan resep kue sederhana tanpa oven, memang kue bandros-lah yang termasuk kedalam kategori tersebut. Mulai dari bahan-bahannya yang sederhana, serta proses cara memasaknya yang tidak memerlukan sebuah oven. Mungkin sebagian besar dari kita ada yang penasaran dan bertanya-tanya, bagaimanakah cara membuat kue bandros ? Bagi anda yang merasa penasaran dengan cara membuatnya, dibawah ini ada resep dan cara membuat kue bandros khas Bandung :

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

– 200 gram tepung beras merk apa saja

– 20 gram tepung tapioka (tepung kanji)

– 1 sachet santan kelapa merk apa saja

– 1 buah kelapa muda (diparut)

– 1 sdm garam

– ½ sdt gula pasir

– margarin alias mentega secukupnya

Cara Membuatnya :

  1. Masukan santan kelapa kedalam panci kemudian masak hingga air santannya hangat, lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan wadah yang lainnya lalu masukan tepung beras, tepung tapioka, dan kelapa parut, aduk sampai rata.
  3. Tuangkan santan kelapa sedikit demi sedikit, lalu tambahkan garam dan gula kemudian aduk lagi.
  4. Panaskan loyang cetakan bandros menggunakan api kecil, lalu olesi dengan margarin secukupnya.
  5. Selanjutnya tuangkan adonan kue bandros hingga loyangnya penuh, lalu tutupi loyangnya dengan penutup loyang.
  6. Tunggu hingga adonan bagian pinggirnya mengering dan benar-benar matang.
  7. Jka dirasa sudah matang, angkat dan sisihkan keatas piring.
  8. Kue Bandros Khas Bandung pun siap disantap dalam  keadaan masih hangat.

Tips cara memasak kue bandros :

Usahakan sebelum memasukan adonannya, panaskan cetakan loyang selama 30 menit agar kue bandrosnya mudah diangkat dari cetakan loyang tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai resep dan cara membuat kue bandros khas Bandung. Nah, jika Anda ingin membuatnya. Adabaiknya Anda menyajikannya dalam keadaan masih hangat. Dengan demikian, rasa bandros yang Anda sajikan akan terasa lebih nikmat loh. Selamat mencoba ya.