Inilah Tips Cara Menyalurkan Kecerdasan Emosional Anak

Masa kecil memang identik dengan hal-hal yang menyenangkan seperti banyak teman, bermain game, hiburan, dan masih banyak lagi. Tentu saja masa-masa kecil tersebut, merupakan proses dalam membentuk kepribadian pada anak. Menyalurkan kecerdasan emosional anak, wajib diterapkan sejak dini dikarenakan hal tersebut akan membuat cara berpikir mereka menjadi lebih rasional. Selain itu, anak-anak juga dapat menentukan masa depannya serta mampu mengukur kemampuan dirinya.

Pada dasarnya, anak yang memiliki kecerdasan dalam emosinya itu lebih siap dalam menghadapi masalah kehidupannya. Anak tersebut dapat beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungannya, serta peka terhadap perasaan orang lain. Selanjutnya tinggal tugas anda sebagai orang tua, untuk memoles dan menyalurkan kecerdasan emosional anak tersebut.

“ Untuk mempersingkat waktu “ Inilah beberapa tips cara menyalurkan kecerdasan emosional anak :

  1. Biasakan Anak Anda Untuk Membaca Buku

Seperti yang kita ketahui bahwa buku merupakan gudangnya ilmu. Oleh karena itu, biasakan anak anda untuk membaca buku, dikarenakan mereka memiliki rasa keingintahuan yang begitu tinggi.  Tidak harus selalu buku-buku tentang pelajaran sekolah saja, anda pun bisa memberikannya buku-buku cerita, yang notabenenya sangat disukai oleh anak-anak. Lambat laun moral seorang anak akan tercipta dengan kuat, serta mereka juga mendapatkan ilmu dari buku-buku yang dibacanya itu.

  1. Ikutsertakan Mereka Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Sebagian besar dari orang tua banyak yang tidak tega untuk mengikutsertakan anaknya, dalam kegiatan ekstrakurikuler disekolahan. Mereka takut anaknya kelelahan, jika setelah pulang sekolah harus berlanjut kedalam kegiatan ekstrakulikuler. Padahal dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut dapat mengekspresikan jati dirinya, sehingga anak akan memahami kehidupan sosial dengan teman-teman seusianya.

  1. Libatkan Anak Anda Dalam Kegiatan di Rumah

Jangan mentang-mentang anak-anak, anda pun sering meremehkan kemampuannya serta tidak melibatkannya dalam kegiatan dirumah. Perlu anda ketahui bahwa hal tersebut, akan membuat si anak merasa diasingkan. Oleh karena itu, libatkan anak anda dalam kegiatan dirumah, misalkan saja anda sedang mencuci motor kemudian anda mengajak sang anak, dan memintanya untuk ikut membantu mencuci motor tersebut.

  1. Jangan Memaksakan Hobinya

Misalkan saja anak anda memiliki hobi bermain bola, maka jangan melarangnya untuk bermain bola. Akan tetapi apabila anda memaksanya untuk bermain basket, justeru hal tersebut akan menjadi tekanan perasaan pada sang anak, sehingga memunculkan sifat pemberontakan didalam dirinya.

Itulah beberapa tips cara dalam menyalurkan kecerdasan emosional anak, semoga tips diatas tersebut bermanfaat bagi anda. Cukup sekian dan terimakasih