Jenis dan Manfat ASI Eksklusif Bagi Bayi

Asi Ekslusif Untuk Anak

ASI Eksklusif ini merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Artinya pada usia 0-6 bulan ini bayi tidak boleh diberikan tambahan cairan seperti air teh, air putih, susu formula, madu atau makanan padat. Sebenarnya pemberian ASI Eksklusif ini dianjurkan hingga usia 4 bulan, namun lebih baik diberikan hingga usia bayi 6 bulan.

Setelah 6 bulan pemberian ASI Eksklusif bisa diberikan pendamping makanan atau MPASI hingga usia bayi mencapai 2 tahun. ASI Eksklusif ini merupakan intervensi yang sangat efektif dalam mencegah kematian bayi. Nah, untuk itulah dalam artikel kali ini akan membahas seputar jenis ASI Eksklusif beserta manfaatnya bagi bayi sebagai berikut :

Jenis ASI Eksklusif :

  1. Kolostrum

Kolostrum ini merupakan cairan yang memiliki warna kekuning-kuningan yang umumnya muncul pada hari 1-3 setelah kelahiran. Kolostrum ini bisa memberikan manfaat kepada bayi karena mengandung protein yang berfungsi sebagai antibodi dalam membunuh kuman dan bakteri. Bahkan kolostrum ini bisa dibilang sebagai imunisasi pertama bagi bayi yang baru lahir.

  1. Susu Transisi

Susu Transisi ini merupakan jenis ASI yang diproduksi setelah kolostrum pada hari ke 4-10 kelahiran bayi. Pada jenis ASI ini terdapat immunoglobin potein serta laktosa dengan konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan pada kolostrum, namun jenis ASI ini memiliki kandungan lemak serta kalori dengan jumlah yang sangat tinggi. Susu Transisi ini memiliki warna lebih putih dibandingkan dengan kolostrum.

  1. Susu Matur

Adapun jenis ASI yang keluar setelah 10 hari kelahiran bayi dan seterusnya adalah jenis ASI yang disebut Susu Matur. Susu Matur ini memiliki warna putih kental sehingga komposisi dari ASI yang keluar dari isapan bayi, pertamanya adalah lemak dan juga karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan dengan isapan yang terakhir. Itulah mengapa sang ibu jangan terlalu cepat untuk memindahkan bayi ketika sedang menyusui sebelum hisapan pada bayi habis.

Manfaat Dari ASI Ekskusif :

  1. ASI bisa memberikan manfaat pada bayi karena sangat mudah dicerna apabila ketika pencernaannya belum begitu sempurna (dibawah 6 bulan).
  2. ASI bisa menyempurnakan tumbuh kembang bayi. Dan ASI bisa membuat bayi menjadi lebih sehat dan juga cerdas.
  3. ASI merupakan antibodi alami pada tubuh bayi terutama yang berhubungan dengan penyakit infeksi.
  4. ASI akan selalu ada pada suhu yang tepat sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan membuat bayi terlalu panas atau dingin.
  5. Komposisi dan volume ASI selalu disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Jadi ibu jangan khawatir akan berkurang ASI nya sampai 6 bulan.
  6. ASI merupakan makanan dan minuman yang tepat bagi bayi tanpa harus diberikan tambahan.
  7. Frekuensi bayi menyusu akan terganggu jika diberikan minuman atau makanan lain. Untuk itu usahakan tetap memberikan ASI.

Selain itu, berikut dibawah ini juga ada beberapa resiko dari pemberian susu formula terhadap anak yang harus anda ketahui :

  1. Dapat meningkatkan resiko terhadap alergi.
  2. Sangat beresiko terkena penyakit asma.
  3. Meningkatkan resiko terhadap penyakit infeksi saluran pernafasan.
  4. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  5. Dapat meningkat resiko permasalahan gigi hilang, dan pertumbuhan rahang yang akan terhambat.
  6. Meningkatkan resiko infeksi telinga.
  7. Meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 1 dan 2.