Kesalahan Membersihkan Kulit yang Luka Ternyata Bisa Berakibat Fatal, Berikut Tips yang Benar!

Mungkin Anda pernah terjatuh dari motor, sepeda, tempat yang lebih tinggi, terpeleset ataupun lain sebagiannya. Nah, kecelakaan kecil tersebut sering kali menyebabkan luka pada kulit entah itu berukuran besar ataupun kecil. Jika sudah mengalami hal tersebut jangan menunda-nunda untuk membersihkan dan melakukan pertolongan pertama. Karena jika tidak dilakukan secara cepat pasti akan menyebabkan infeksi yang beresiko berbahaya. Banyak sekali jenis infeksi yang bisa menyerang Anda, hal itulah yang dihindari dengan melakukan pertolongan pertama secara sigap dan tepat.

Sebenarnya jenis luka ada banyak sekali, diantara sekian banyak luka baret dan sayatlah yang paling sering terjadi. Untuk merawat luka lecet baret dan sayat tidak berbeda dengan jenis luka lainnya, Anda mulai untuk membersihkan terlebih dahulu dan kemudian menggunakan bantuan medis. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk segera melakukan pertolongan, antara lain:

  1. Area luka yang sangat luas atau melebar sehingga membutuhkan jahitan, ini merupakan jenis luka yang cukup serius.
  2. Luka yang terjadi pada kulit sangat dalam sekali, jika tidak segera diatasi pasti akan mengalami masalah.
  3. Luka yang Anda rasakan sangat menyakitkan, apalagi ketika dibersihkan seperti perih dan lainnya.
  4. Perlu pertolongan cepat ketika masih banyak kotoran, puing-puing atau debu yang masih menempel pada luka.

Jadi pada intinya perawatan atau pertolongan luka yang tepat itu harus melihat dari jenis luka yang dialami terlebih dahulu. Meskipun secara umum sama saja, mulai dari dibersihkan sampai dengan melindungi luka dari bakteri dengan menutupnya. Tetapi seperti yang telah dikatakan diatas perlu medis jika sudah bukan luka yang biasa. Jangan menunda jika Anda tidak ingin mengalami masalah yang lebih serius pada luka.

Bila luka kecil, Anda bisa melakukan pertolongan sendiri secara sederhana dan mudah. Yang paling penting adalah bersihkan terlebih dahulu luka dari segala kotoran. Sebelumnya Anda harus membersihkan tangan yang akan digunakan untuk melakukan perawatan tersebut. Jika sudah seperti itu lalu gunakan antiseptic dan sampai dengan terakhir menutup dengan kassa menggunakan perekat supaya luka aman dari kotoran ataupun bakteri.