Ketahui Masalah Umum yang Kerap Terjadi Pada Printer Epson dan Cara Penanganannya!

Epson menjadi salah satu dari sekian banyak merek printer yang cukup difavoritkan oleh para penggunanya. Printer dari Epson sudah sangat terkenal memiliki kualitas cetak warna yang bagus sehingga dokumen pencetakan beserta gambarnya bisa lebih terlihat nyata. Fitur dari printer Epson juga begitu beragam sehingga sangat memanjakan penggunanya. Selain beragam fitur di dalamnya, harga yang dibanderol untuk memiliki printer merek Epson juga masih dibilang terjangkau.

Meskipun banyak keunggulan yang dimiliki printer dari Epson ini, namun tak sedikit pula pengguna yang kerap mengeluh lantaran printer yang sering ngadat dan tidak mau diajak kompromi untuk bisa mencetak dokumen yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja merugikan karena efektivitas waktu pengguna pun menjadi hilang dimana pekerjaan yang seharusnya bisa segera selesai, justru malah semakin lama karena printer yang tidak mau diajak bekerja sama.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa ulasan singkat terkait masalah yang kerap terjadi pada printer Epson dan juga solusi untuk mengatasinya:

  • Printer tidak dapat mengeluarkan tinta ketika mencetak

Masalah yang pertama ini pastilah kerap Anda alami dalam pencetakan dokumen ketika menggunakan printer. Bukan hanya printer dari Epson saja, namun semua merek juga kerap mengalami masalah semacam ini. Jika hal ini terjadi, pertama, lakukan head cleaning terlebih dahulu. Namun jika masalah tersebut tidak juga terselesaikan, maka Anda juga harus pintar-pintar dalam menemukan bagian masalahnya. Umumnya persoalan tinta yang tidak keluar biasa disebabkan oleh bagian Head dari printer. Namun hal ini juga tidak selalu tepat karena permasalahan juga bisa dari banyak bagian. Ada juga yang bisa disebabkan karena alasan simpel dimana terlalu banyak udara di dalam cartridge. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyedot udara dengan menggunakan suntikan ke dalam cartridge dan buang seluruh udara yang membuat printer mogok.

  • Printer menarik kertas lebih dari satu lembar

Selain tinta yang tidak mau keluar, terkadang printer juga bisa menarik kertas cetakan lebih dari satu lembar yang membuat cetakan berantakan. Biasanya tidak ada indikasi error dari printer dan terlihat baik-baik saja, namun ternyata ketika digunakan mencetak, kertas yang ditarik bisa berjumlah 2 sampai 3 lembar. Untuk kendala seperti ini, tidak perlu panik karena Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara sedikit membongkar bagian printer dan kemudian mengganti bagian Roller printer.

  • Blinking error

Permasalahan selanjutnya yang biasa diderita oleh printer adalah Blinking Error. Blinking error ini terbagi menjadi 2 yaitu Blinking karena deteksi kerusakan pada printer dan blinking tidak umum. Biasanya adanya Blinking ini bisa terlihat dari lampu printer yang berkedip-kedip. Ketika terjadi hal seperti ini, Anda bisa mencoba untuk melakukan reset pada printer secara manual atau Resetter.

Itulah 3 masalah yang kerap terjadi pada printer Epson dan cara mengatasinya. Ketiga permasalahan tersebut masih tergolong dalam permasalahan ringan lantaran perbaikan masih mungkin untuk dilakukan sendiri tanpa ada kemampuan reparasi. Namun jika kerusakan pada printer sudah lebih dari sekedar kerusakan biasa dan Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk memperbaiki, maka ada baiknya untuk langsung membawanya ke tukang reparasi printer sehingga bisa dilakukan penanganan segera. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kinerja printer sehingga tetap awet dan tahan lama.