Keunggulan dan Kelemahan Pipa PVC

Daftar Harga Pipa PVC Terbaik dari Berbagai Merek Tahun 2020

Pipa PVC sudah banyak dan sering digunakan di banyak perumahan. Penggunaan pipa PVC juga menggantikan fungsi dari pipa besi. Pipa PVC menjadi alternatif pilihan lain karena memiliki harga yang antaran harganya cukup terjangkau dengan material yang sangat ringan. Tidak hanya itu, pipa PVC juga jauh lebih kuat dan tidak mudah keropos bila dibandingkan dengan pipa besi. Pemasangan dan perawatannya juga tergolong lebih mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak sehingga lebih ekonomis.

Pada dasarnya, pipa PVC adalah komponen yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Pipa PVC memiliki fungsi, yang beberapa diantaranya adalah biasa digunakan untuk saluran air bersih dan air kotor, bisa digunakan untuk saluran berbagai bahan kimia berbahaya, bisa difungsikan untuk melindungi kabel listrik, dan ideal digunakan untuk saluran air bertekanan rendah, misalnya saluran irigasi.

Pipa PVC memiliki berbagai macam jenis, diantaranya adalah:

  1. Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran, di pasaran sendiri pipa PVC ini umumnya memiliki panjang sampai 4 meter dengan diameter yang diukur menggunakan satuan inci. Untuk diameternya sendiri bermacam-macam, mulai dari 1, 1 ¼ inch, ¾ inch, ½ inch, 2 inch, 2 ½, sampai 6 inch.

  1. Berdasarkan Ketebalan

Berdasarkan ketebalannya, pipa PVC terbagi menjadi tiga jenis, yakni tipe C, AW dan D. Pipa AW adalah pipa yang paling tebal, kuat, dan yang memiliki kemampuan tekan hingga 10 kg/cm2. Pipa D sendiri mempunyai ketebalan minimum dengan ketahanan beban sampai 5 kg/cm2 dan biasa digunakan untuk saluran air kotor atau limbah. Sementara itu pipa C adalah pipa yang paling tipis dan cocok untuk digunakan untuk melindungi kabel karena teksturnya elastis, lentur, dan cukup kuat.

  1. Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, pipa PVC terbagi menjadi pipa talang, pipa MOF, pipa polos dan pipa fitting. Pipa talang adalah pipa yang khusus untuk pengaliran air hujan dan dipasang pada ujung jurai. Pipa MOF adalah pipa yang salah satu ujungnya mempunyai ukuran lebih besar sehingga tidak membutuhkan penyambung untuk menyambungkan dua pipa ini. Pipa polos adalah jenis pipa PVC yang panjang batangnya sangat konsisten sehingga membutuhkan penyambung untuk menyambungkannya. Sementara itu pipa fitting memiliki fungsi untuk menyambungkan lebih dari satu pipa dengan bentuk yang beragam, biasanya berbentuk L, T, PLUS, increaser, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah keunggulan dari supplier Pipa PVC:

  • Harganya tergolong murah, karena berbahan dasar termoplastik dan sering digunakan untuk saluran air bersih.
  • Pemasangannya sangat mudah, sehingga lebih ekonomis.
  • Tidak terlalu memerlukan perawatan khusus.
  • Terbuat dari material yang sangat ringan, sehingga mudah dipasang dan dibawa.
  • Memiliki ketahanan terhadap korosi, sehingga aman terhadap bahan-bahan kimia dan senyawa berbahaya lainnya.
  • Aksesoris pipa tambahan mudah ditemui dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Kokoh serta tidak mudah pecah.
  • Multifungsi, karena sangat baik untuk buangan limbah, pipa air dengan tekanan, dan penggunaan ventilasi udara.

Berikut ini kelemahan yang dimiliki pipa PVC:

  • Sangat peka terhadap sinar matahari, yang bisa membuatnya mudah rapuh bahkan meleleh. Namun untuk mengatasinya, kamu bisa melapisinya dengan cat lateks, yang dapat melindungi pipa dari paparan matahari secara langsung.
  • Memiliki titik leleh yang rendah, sehingga membuat pipa akan sangat lama untuk meleleh dan mengeluarkan asap saat proses pembakaran yang sangat berbahaya jika dihirup.