Kisah Nabi Yusuf A.S dengan Zulaikha

Kisah Nabi Yusuf – Salah satu nabi dan rasul yang wajib umat muslim ketahui ada 25 nabi dan rasul. Dari 25 nabi dan rasul tersebut, ada satu nabi yang diberikan karunia ketampanan yang luar biasa. Hingga, banyak wanita menyukainya. Nabi tersebut adalah Nabi Yusuf AS.

Sebagai umat muslim, perlu mengetahui kisah para nabi, termasuk kisah Nabi Yusuf AS, termasuk kisah Nabi Daud. Hal ini sangat bermanfaat sebagai pelajaran dalam menjalani hidup. Untuk itu, artikel ini akan menceritakan kisah dari Nabi Yusuf AS. Besar harapannya agar artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Penindasan Terhadap Yusuf oleh Saudaranya

Kisah Nabi Yusuf
www.jw.org

Ini dia kisah yang paling banyak diminati setelah nabi akhir zaman. Nabi Yusuf, pemilik ketampanan yang mampu membius setiap perempuan yang melihatnya. Bahkan ada yang rela mengorbankan harga dirinya hanya untuk mendapat perhatian dari Yusuf. Dialah Zulaikha. (Baca Juga: Kisah Nabi Ayub A.S dengan Cobaan Beratnya)

Yusuf kecil telah mengalami banyak penindasan dari saudara-saudaranya. Bahkan Yusuf hendak dijual dan dibunuh. Rencana pembunuhan itu ternyata bukan sekedar wacana. Saudara Nabi Yusuf yang penuh kedengkian menjual Nabi Yusuf di pasar budak yang ada di Mesir. Semua kedengkian saudaranya bermula dari hubungan antara Nabi Yusuf dengan sang ayah yang membuat mereka iri.

“(Ingatlah), Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS. Yusuf: 4)

Sang Ayah menjawab,

“Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan)mu. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.'” (QS. Yusuf: 5)

Nabi Yusuf tidak menceritakan apapun tentang mimpi tersebut kepada para saudaranya. Namun konspirasi masih berjalan dan rencana jahat saudara-saudaranya siap diputar. Saudara-saudara Nabi Yusuf melakukan kebohongan besar dengan mengatakan Nabi Yusuf dimakan srigala saat melakukan perjalanan bersama mereka. Padahal dalam kenyataannya, mereka membuang Nabi Yusuf ke dalam sumur.

“Kemudian datanglah kelompok orang-orang musafir, lalu mereka menyuruh seorang pengambil air, maka dia menurunkan timbanya, dia berkata: ‘Oh; kabar gembira, ini seorang anak muda!’ Kemudian mereka menyembunyikan dia sebagai barang dagangan. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka tidak tertarik hatinya kepada Yusuf. Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya: ‘Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi ia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak.’ Dan demikianlah Kami berikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir) dan agar Kami ajarkan kepadanya ta’bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya. ” (QS.Yusuf: 19-21)

Begitu banyak ujian yang dilalui Nabi Yusuf sejak kecil. Namun Allah juga telah menganugrahkan pengetahuan luar biasa. Bahkan Yusuf tumbuh dewasa menjadi pribadi agung yang tak diragukan lagi kemampuannya. Ujian berat telah membuatnya menjadi sosok yang kuat.

Nabi Yusuf dan Istri Al-Aziz

Kisah Nabi Yusuf
ayufitri24.blogspot.com

Nabi Yusuf tumbuh menjadi lelaki penuh pesona bagi siapa saja yang melihat, terutama wanita. Ketampanannya bak racun yang mematikan, membuat setiap hati meleleh termasuk Zulaikha –Istri Al-Aziz. Zulaikha tergila-gila pada Nabi Yusuf yang kala itu tinggal di rumahnya sebagai budak.

Kisah tragis terjadi saat cinta membutakan semua. Zulaikha rela melakukan apapun demi menarik perhatian Nabi Yusuf, termasuk menghancurkan harga dirinya sendiri dengan mencoba mengajak Nabi Yusuf berzina.

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata: ‘Marilah ke sini.’ Yusuf berkata: ‘Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.’ Sesungguhnya orang-orang yang lalim tiada beruntung. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikan dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan darinya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba yang terpilih. ” (QS. Yusuf: 23-24)

Kisah Nabi Yusuf Dipenjara

Kisah Nabi Yusuf
www.rmoljakarta.com

Kisah Nabi Yusuf AS dijebloskan ke dalam penjara karena permasalahan ini. Zulaikha menuduh Nabi Yusuf mengajaknya berzina. Bukti bahwa baju Nabi Yusuf sobek adalah cara licik Zulaikha.

“Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan
mereka kepadaku.'” (QS. Yusuf: 33)

Di dalam penjara, Nabi Yusuf berhasil mengajak dua orang tahanan untuk beriman kepada Allah. Mereka adalah Nabo dan Malhab. Suatu hari Nabo bermimpi dan Nabi Yusuf diminta mengartikan mimpi tersebut. Arti mimpi tersebut membawa Nabo keluar dari penjara karena memang ia terbukti tidak bersalah, dan ia kembali diterima menjadi pelayan istana. Nabi Yusuf meminta tolong pada Nabo untuk menyampaikan pada raja terkait kondisinya yang sesungguhnya tidak bersalah. Ia dipenjara karena dijebak oleh Zulaikha.

Nabi Yusuf Menafsirkan Mimpi Sang Raja

Kisah Nabi Yusuf
www.youtube.com

Raja mesir meminta tukang sihir, dukun dan peramal untuk mengartikan mimpi beliau. Namun tak seorangpun dari mereka yang mampu mengartikan mimpi tersebut, hingga suatu ketika sang raja mengutus Nabi untuk menemui Yusuf di penjara dan menanyakan terkait mimpi tersebut. Selain mengartikan mimpi sang raja. Nabi Yusuf bahkan memberikan solusi atas permasalahan yang akan tiba kelak. (Baca Juga: Kisah Nabi Adam AS yang Perlu Kamu Ketahui)

Melihat kecerdasan Nabi Yusuf dan kebenaran akan arti mimpi yang dia sampaikan membuat sang raja kagum. Maka sang raja pun mengangkat Nabi Yusuf sebagai menteri Ekonomi kerajaan mesir kala itu.

Video Kisah Nabi Yusuf A.S

https://www.youtube.com/watch?v=YiQhCedsfDs