Kisah Sukses Bob Sadino, Pengusaha Kaya Indonesia

Siapa tidak kenal Bob Sadino? Orang terkaya di Indonesia yang telah menjadi inspirasi bagi pebisnis muda di Indonesia. Pengusaha yang satu ini memang tidak pelit inspirasi untuk membagikan tips kesuksesannya kepada masyarakat yang ingin memulai karirnya di bidang usaha. Bob Sadino memulai usahanya dari nol dan seringkali mengalami kerugian yang mendalam. Meski begitu, Bob Sadino memiliki tekad yang “nekat” dalam setiap memutuskan melakukan sesuatu. Bahkan, disela-sela kerugian yang dialaminya, Bob Sadino pernah menjadi supir mobil Mercedes miliknya sendiri.

Ketika menginjak usia 19 tahun, orang tua Bob Sadino meninggal dunia, dan hartanya diwariskan sepenuhnya kepadanya. Namun, harta warisan yang diberikan orang tuanya digunakan untuk melakukan travelling keliling dunia dan sebagian uangnya ia simpan, namun hanya sedikit uang yang tersisa. Karena itulah ia bekerja menjadi supir untuk menyambung hidupnya.

Bob Sadino juga pernah menjadi seorang kuli bangunan ketika mobil Mercedes kesayangannya rusak akibat kecelakaan yang dialaminya. Ia juga pernah menjadi penjual telur ayam di jalanan melalui rumah ke rumah. Saat itu, telur ayam negeri memang belum banyak dikenal seperti saat ini, namun Bob Sadino tidak pantang menyerah untuk berjualan telur tersebut sambil memperkenalkannya pada masyarakat. Berawal dari sini lah, Bob Sadino memiliki ide untuk membangun sebuah usaha.

Kem Chicks, ialah perusahaan pangan pertama yang didirikan oleh Bob Sadino pada tahun 1970. Kem Chicks merupakan perusahaan penyedia olahan pangan impor untuk masyarakat Jakarta pada saat itu. Hingga saat ini produk Kem Chicks sudah dikenal oleh ratusan ribuan masyarakat di Indonesia sebagai sumber pangan terbaik yang dapat diolah menjadi berbagai masakan. Kantor Kem Chicks ini berlokasi di Kemang Raya. Sukses dengan Kem Chicks, Bob Sadino kemudian mendirikan beberapa perusahaan produk pengolah makanan lainnya seperti Kem Food, dan Kem Farm. Kem Food merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging. Sedangkan Kem Farm merupakan sebuah ladang sayuran yang didirikan untuk memproduksi olahan makanan sayur-sayuran.