Manfaat Belajar Piano untuk Anak Sejak Dini

Piano merupakan salah satu alat musik yang banyak direkomendasikan untuk dikenalkan sejak dini pada anak-anak. Alat musik ini termasuk alat musik yang sangat berguna bagi perkembangan mental dan motorik anak. Oleh karenanya, mengenalkan piano sejak dini menjadi salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini membuat anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengenal musik, mereka juga akan belajar mengenal apa itu ritme dan bergerak berdasarkan ketukan tersebut. Namun, piano menjadi salah satu yang istimewa. Alat musik ini sangat disarankan untuk dikenalkan sejak dini pada anak karena piano merupakan dasar bagi alat musik lainnya. Jika anak sudah mengenal piano sejak dini, maka mereka akan lebih mudah untuk memahami nada dan menguasai alat musik lainnya.

Manfaat Mengenalkan Piano pada Anak Sejak Dini

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengenalkan piano kepada anak sejak dini, mari kita cari tahu manfaat belajar piano sejak dini. Berikut adalah manfaat piano pada pertumbuhan anak.

  1. Meningkatkan prestasi akademis anak

Menurut penelitian, bermain piano dapat menyebabkan perkembangan otak menjadi meningkat dengan signifikan. Dengan meningkatnya perkembangan otak, anak akan sangat terbantu pada saat melakukan proses pembelajaran yang lainnya termasuk proses belajar bidang akademis. Oleh karenanya, belajar memainkan piano justru akan membuat prestasi anak di sekolah menjadi lebih cemerlang.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Anak yang belajar piano sejak dini akan dibiasakan untuk berkonsentrasi agar dapat memainkan alat musik tersebut. Hal ini secara tidak langsung dapat melatih anak untuk dapat fokus pada satu hal yang sedang dia kerjakan. Hal ini akan membantu anak untuk lebih paham dan detail saat belajar.

  1. Daya imajinasi meningkat

Dengan bermain piano, anak akan dikenalkan dengan cara bermain piano sesuai dengan perasaan lagu yang dimainkan. Dengan mempelajari emosi lagu, anak dapat mengembangkan daya imajinasinya dengan lebih dalam. Daya imajinasi yang tinggi sangat penting dalam hal penciptaan suatu karya. Anak dengan daya imajinasi tinggi dapat berpikir lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah dengan cepat.

  1. Lebih percaya diri

Dengan dapat memainkan piano, anak akan memiliki kepercayaan diri yang lebih. Tampil di hadapan orang lain dengan memainkan piano yang dia kuasai akan membuat anak merasa lebih percaya diri.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi manfaat bermain piano lainnya seperti membuat anak dapat berkomunikasi dengan lebih baik, memiliki kepekaan yang tinggi di lingkungan, bermanfaat untuk menunjang masa depan buah hati serta membuat anak menjadi terlatih untuk disiplin waktu. Jangan ragu untuk membuat anak Anda untuk berlatih piano sejak dini.

Sumber: http://petrofpianogaleri.com/