Memahami Cara Mengatasi Luka Agar Tenang Saat Memasak

Proses memasak di dapur bukanlah tanpa risiko sama sekali. Sebab, saat di dapur kita akan berhadapan dengan api dan pisau yang bisa memberikan risiko berupa luka bakar hingga luka teriris saat memotong bahan makanan yang akan dimasak. Saat tubuh kita teriris pisau, maka saat itulah diperlukan proses penanganan yang tepat

Proses penanganan yang tepat bisa dilakukan dengan berbagai macam Cara agar Luka lama sembuh cepat kering. Selain dijelaskan dalam laman www.guesehat.com/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-setelah-operasi-2  , penyembuhan luka saat memasak juga bisa Anda ketahui dari ulasan berikut ini.

Bubuk kopi

Kopi saat ini menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari oleh beberapa orang. Kandungan kafein yang cukup tinggi didalamnya bisa membantu menjaga konsentrasi seseorang dalam bekerja. Tak heran jika banyak orang sulit untuk melepaskan kopi dari minuman harian terutama bagi mereka yang perlu bekerja dengan fokus tinggi.

Tidak hanya berguna untuk menjaga fokus, bubuk kopi juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi luka. Kopi dipercaya mampu menghentikan pendarahan apabila jari Anda teriris pisau saat memasak. Campur bubuk kopi dengan air biasa dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pasta kopi tersebut ke area yang terluka dan diamkan sampai kopi mengering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih yang mengalir hingga bersih.

Bersihkan Luka Segera

Menjaga kebersihan luka merupakan suatu hal yang sangat penting. Sebab, luka perlu dijaga kebersihannya agar tidak mengalami infeksi dan jadi semakin parah. Tak terkecuali luka saat Anda memasak yakni ketika teriris pisau.

Bersihkan luka segera setelah Anda mendapatinya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan cairan antiseptik agar bakteri atau kotoran yang masih tersiksa bisa segera mati. Meskipun terasa sakit, penggunaan cairan antiseptik sangatlah penting dan tidak boleh Anda lewatkan. Setelah itu, tutup luka yang telah dibersihkan dengan menggunakan kasa agar tetap bisa bernafas dan terbebas dari kotoran.

Cara menyembuhkan luka saat memasak harus dilakukan secara berhati-hati dengan beli obat online salep hemolok gel yang tidak lengket di kasa goapotik. Jika luka sudah sembuh, pastikan juga Anda menjaga selalu kesehatan tubuh Anda setiap hari. Seperti dengan mengecek artikel dari sumber Gue sehat