Mengenal Pesona Wisata Air di Jiangsu, Tiongkok

Jiangsu adalah salah satu provinsi di Republik Rakyat Tiongkok yang memiliki garis pantai sepanjang 1.000 kilometer dengan Sungai Kuning dan Sungai Yangtze mengaliri bagian selatannya. Oleh karena itu, tidak heran apabila di Provinsi Jiangsu daya tarik wisata yang diandalkan, salah satunya adalah wisata air. Di Jiangsu, pesona air tidak hanya tentang sungai dan danau, tetapi juga lautan luas.

Tidak hanya indah pemandangannya, tetapi juga kaya akan sumber daya alam. Pemandangan di area basah ini sangat menawan walaupun pada empat musim. Jiangsu memiliki banyak sumber air yang airnya melimpah. Provinsi ini dilewati Sungai Yangtze yang panjangnya lebih dari 400 km melintas dari barat ke timur, sedangkan grand canal Beijing-Hangzhou sepanjang 690 km melintas dari utara ke selatan. Di bagian barat daya ada Sungai Qinhu, di bagian utara ada irigasi, Sungai Xinmu, dan kanal Nantong-Yanzhou. Selain itu, ada lebih dari 290 danau di Jiangsu, termasuk Danau Taihu dan Danau Hongze.

Ibu kota Jiangsu adalah Nanjing. Nanjing merupakan salah satu kota terpenting di Tiongkok selain Shanghai dan Beijing. Nanjing merupakan kota wisata terkenal dengan banyak tempat bersejarah. Di kota ini mengalir Sungai Qinhu yang dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di Nanjing. Sungai ini memberi warna budaya dan sejarah yang kental kepada kota tersebut.

Baca juga : Berenang Dengan Buaya Hanya Di Safari Water Park

Di tepian sungai yang panjangnya sekitar 110 kilometer ini tampak beberapa bangunan rumah dengan tembok dan genting warna merah dengan lampion-lampion besar merah yang menghiasinya. Rumah makan, kedai teh, serta warung makanan kecil dan berbagai hidangan khas berjajar di kedua tepi sungai.

Sesekali terdengar alunan musik dari rumah-rumah tersebut, menambah suasana khas kota. Wisatawan bisa menyewa perahu dengan pendayung perempuan yang akan membawa pengunjung menikmati pemandangan di kedua tepi sungai. Pemandangannya sangat indah, apalagi di waktu malam yang dihiasi sinar lampu warna-warni.

Tembok kuno Kota Nanjing yang dibangun menyusuri Sungai Qinhu adalah lambang sejarah. Tembok setinggi 12 meter itu tebalnya antara 7,6 sampai 12 meter. Tembok yang dibangun sejak ratusan tahun lalu itu masih kokoh berdiri. Di tembok tersebut terdapat 2.000 benteng pertahanan dan 24 gerbang. Di tengah area ada Confucius Temple yang merupakan situs bersejarah.

Baca juga : Apartemen Mewah dan Lengkap di Bandung

Ribuan lampu yang menerangi jembatan itu di malam hari bak untaian permata menghias pemandangan malam Kota Nanjing. Jembatan itu merupakan kebanggaan rakyat Nanjing dan seluruh masyarakat Tiongkok.

Tempat terindah yang menjadi objek wisata air di Provinsi Jiangsu adalah Shouxl Lake di Kota Yangzhou, kota bersejarah yang dikelilingi keindahan alam luar biasa, sekitar 4-5 jam perjalanan dari ibu kota Tiongkok, Beijing. Banyak restoran dan toko di pinggir danau, serta taman indah seperti Ge Garden dan He Garden, serta Daming Temple dan Tangcheng Relics Museum yang punya nilai sejarah tinggi.

Selain itu, ada Nantong Haohe River Scenic Area di Kota Nantong. Sungai Haohe adalah salah satu parit kota tua di Tiongkok yang dilestarikan. Sungai itu mengelilingi kota tua Nantong dalam bentuk labu dan menyerupai kalung. Pemandangan di sekitar Sungai Haohe juga sangat indah. Wisatawan bisa menggunakan perahu bermotor untuk menyusuri sungai itu. Di sisi sungai tersaji berbagai hal yang bisa dinikmati, antara lain pertunjukan opera tradisional Tiongkok.

Ada lagi Yuantouzhu of Taihu Lake, semenanjung di pantai barat laut Danau Taihu. Diberi nama Turtle Head Isle karena bentuknya menyerupai kepala kura-kura. Keindahan di Taihu Lake membuat area tersebut disebut sebagai “number 1 scenic spot”.

Wisatawan bisa menikmati pesona air di beberapa kota di Provinsi Jiangsu menggunakan perahu. Perahunya pun beragam. Di beberapa tempat ada perahu bermotor mewah dua lantai dengan tatanan interior yang mewah pula, ada pula perahu berbentuk rakit yang hanya dijalankan oleh satu atau dua pendayung. Tarif yang dikenakan kepada pengunjung untuk menggunakan perahu berkisar Rp 150.000-Rp 400.000 per orang.