Menilik Penyebab Nyeri Perut Pada Wanita Normal

7 Penyebab Nyeri Perut di Luar Masa Haid

Nyeri yang terjadi pada perut bisa disebabkan karena beragam jenis hal, seperti yang bisa Anda temukan disini https://www.guesehat.com/7-penyebab-nyeri-perut-di-luar-masa-haid, di website yang penuh informasi terkait dengan kesehatan, ataupun event dan forum seputar kesehatan. Nyeri yang terjadi pada wanita bisa disebabkan karena penyakit atau karena faktor lain seperti salah makan, dan berikut ini adalah penyebab nyeri pada wanita normal.

Pertama adalah gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Biasanya hal ini disebabkan karena salah makan sehingga menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Hal tersebut tidak hanya akan menyebabkan perut menjadi kram namun juga menjadi nyeri. Pada orang normal, jika hal tersebut terjadi tidak karena faktor penyakit, kram dan nyeri akan menghilang beberapa saat kemudian dan tidak lama. Namun jika berlangsung lama misalnya lebih dari 3 hari sebaiknya segera ke dokter.

Kedua adalah karena adanya peradangan yang terjadi di bagian usus atau lambung. Masalah ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki masalah kesehatan seperti maag terutama jika Anda telat makan. Ketiga adalah karena alergi makanan. Masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang memiliki alergi makanan dan menyebabkan tubuhnya mengalami nyeri di bagian perut dan biasanya juga akan diikuti dengan kram dan gatal-gatal.

Selain itu, berdasarkan pada informasi di GueSehat yang tentunya terpercaya, nyeri pada perut yang tidak hanya bisa terjadi pada wanita misalnya saat haid tidak lancar namun bisa juga terjadi pria disebabkan karena Anda menahan kentut. Terdengar sepele karena hanya kentut namun menahan kentut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jika gas yang keluar dari anus tersebut ditahan, akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang ada di tubuh sehingga menyebabkan nyeri pada perut. Selain itu, konstipasi juga menyebabkan nyeri pada perut. Konstipasi atau sembelit disebabkan karena feses yang mengeras sehingga menyebabkan otot usus berkontraksi. Jika usus berkontraksi saat mengeluarkan feses, menyebabkan usus membengkak sehingga menyebabkan nyeri dan untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi banyak air putih ataupun makan makanan berserat.