Menjaga Kesehatan dan Imun Tubuh Secara Alami

Mau Sistem Kekebalan Tubuh Kuat, Harus Santap 9 Makanan Ini ...

Di tengah pandemi virus Corona/COVID-19 yang semakin merebak seperti saat ini, menjaga kesehatan serta meningkatkan imun tubuh sangatlah penting. Memperkuat imunitas tubuh ini bisa dilakukan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Dalam hal ini, dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat akan meningkatkan pertahanan alami tubuh serta membantu melawan patogen atau organisme penyebab timbulnya berbagai penyakit. Berikut cara untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami :

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh secara alami yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih.Tanpa kita sadari bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya. Hal ini tentunya sangat tidak baik bagi tubuh kita, karena air tersebut sangatlah penting bagi tubuh kita. Jika kita kekurangan air setiap harinya maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, mulai saat ini untuk membiasakan diri minum air putih sebanyak mungkin, minimal 8 gelas perhari.

  1. Tidur Yang Cukup

Cara menjagakesehatan dan imun tubuh selanjutnya adalah dengan tidur serta istirahat yang cukup. Karena tidur serta beristirahat yang cukup itu merupakan salah satu kunci kebiasaan hidup yang sehat. Sebab tubuh kita ini sangat membutuhkan istirahat yang cukup sehingga tubuh kita menjadi bugar kembali dan siap untuk melakukan berbagai aktifitas lagi. Selain itu dengan tidur serta istirahat yang cukup juga bisa mencegah penuaan dini. Orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih setiap malam, sedangkan remaja 8-10 jam dan anak-anak yang lebih muda serta bayi hingga 14 jam.

  1. Olahraga Yang Teratur

Menurut penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga yang teratur setiap harinya bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti penurunan berat badan, pembakaran kolesterol, menguatkan jantung, dan lain sebagainya. Namun jika anda tidak ada waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym, anda bisa melakukan aktifitas yang ringan sehari-hari sebagai pengganti olahraga seperti jalan-jalan, bersepeda, naik tangga, dan lain sebagainya.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Cara menjagakesehatan dan imun tubuh berikutnya adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah-buahan ini merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.Selain harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan, kita juga harus memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran ini juga merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan para pakar kesehatan menyarankan, supaya kita mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayur-sayuran setiap harinya.

  1. Makan Lebih Banyak Lemak Sehat

Lemak sehat yang bisa anda temukan dalam minyak salmon dan minyak zaitun, bisa meningkatkan respons kekebalan tubuh anda terhadap patogen dengan mengurangi inflamasi. Walaupun inflamasi tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, inflamasi kronis bisa menekan sistem kekebalan tubuh anda. Sementara minyak zaitun, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, sifat anti-inflamasinya juga dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri serta virus penyebab penyakit berbahaya. Bukan hanya itu, asam lemak omega-3, seperti yang terdapat dalam salmon dan biji chia juga memerngi inflamasi.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh secara alami semoga bermanfaat.