Pantai Jatimalang, Wisata Bahari Di Purworejo Yang Elok Dipandang Mata

Terletak di pesisir selatan, tentu saja Kabupaten Purworejo yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki keindahan khas pantai selatan. Pantai yang paling populer adalah Pantai Jatimalang di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Lokasinya kurang lebih 17 km dari pusat kota Purworejo dan kurang lebih 60 km dari Yogyakarta, juga sebelah Timur berbatasan dengan Pantai di kawasan Yogyakarta.

Pantai yang menjadi andalan wisata Purworejo ini menyimpan kelebihan dan keelokan tersendiri. Objek wisata Pantai Jatimalang merupakan perpaduan antara hamparan rawa atau tambak dan keindahan pantai laut selatan. Pemandangan indah di saat matahari terbenam (sunset) tidak boleh dilewatkan begitu saja. Seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan, Jatimalang mempunyai pasir berwarna hitam yang halus nan eksotis dengan deburan ombak cukup besar.

Baca juga : Serunya Berwisata ke Luar Angkasa, Mau Coba?

Akses ke Pantai Jatimalang sangatlah mudah. Jika ingin ke sana menggunakan kendaraan pribadi, langsung saja arahkan kendaraan ke selatan, tepatnya ke Desa Jatimalang. Namun jika menggunakan angkutan umum, bisa naik angkot dari Terminal Purworejo dengan trayek Purworejo-Nampurejo.

Akan tetapi, tidak semua angkot trayek itu sampai ke pantainya. Hanya beberapa angkot yang bertuliskan Pantai Jatimalang di kaca depan ataupun belakang. Biaya masuknya juga murah, hanya dengan membayar retribusi Rp 3.060, wisatawan bisa bermain sepuasnya di pantai itu.

Warga sekitar pantai yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Angin Sepoi Pantai Jatimalang, menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawan. Pada hari Minggu mereka  menyewakan payung pantai dan lapangan dadakan bagi wisatawan yang ingin voli di tepi pantai.

Baca juga : Mengenal Pesona Wisata Air di Jiangsu, Tiongkok

Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan. Jika tidak ingin bermain air laut atau takut dengan ombak besar, tidak jauh dari bibir pantai, berjejer kolam renang air tawar. Kolam itu terbuat dari terpal warna-warni. Tidak jauh dari Pantai Jatimalang juga ada TPI (tempat pelelangan ikan), ikan-ikan tersebut berasal dari nelayan Jatimalang.

Jika ingin menikmati keindahan pantai namun malas jalan kaki, bisa menyewa ATV yang disediakan warga sekitar. Dengan tarif Rp 20.000 per 15 menit, wisatawan dapat berkeliling pantai.

Pantai itu juga dilengkapi dengan berbagai fasflitas dan akomodasi pendukung, di antaranya toilet bersih, tempat bilas air tawar, dan berbagai tempat penginapan dengan harga terjangkau. Di sekitar Pantai Jatimalang terdapat beberapa kedai seafood.