Pentingnya Makanan Sehat untuk Anak Anda

Sebagai orang tua, anda tentu saja ingin memberikan yang terbaik untuk anak anda. Bahkan tentang makanan yang akan buah hati anda konsumsi. Dapur merupakan laboratorium seorang ibu, dimana ibu dapat berkreasi dengan berbagai macam bahan untuk menciptakan makanan yang tidak hanya menarik hati anak anda dengan rasa yang memikat, juga dapat menyehatkan anak anda.

Ada berbagai macam variasi makanan sehat untuk anak yang bisa anda kreasikan di dapur anda. Makanan sehat untuk anak, merupakan makanan yang dapat mendukung perkembangan anak, dan memenuhi kebutuhan gizinya. Pada dasarnya, makanan sehat untuk anak haruslah memiliki gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, vitamin dan mineral, serat, protein, serta zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh anak.

Kandungan karbohidrat merupakan sumber energi bagi anak anda. Karbohidrat dapat anda peroleh bukan hanya dari nasi sebagai bahan pokok utama di Indonesia, anda juga dapat memperoleh karbohidrat melalui roti, sereal, kentang, pasta, serta berbagai macam produk olahan gandum.

Selain karbohidrat, anak anda juga memerlukan kandungan vitamin dan mineral yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Kandungan vitamin dan mineral ini bisa anda dapatkan dari buah dan sayuran. Di samping itu, buah dan sayuran juga mengandung serat dan antioksidan yang baik bagi pertumbuhan anak anda.

Susu dan produk susu seperti keju, yogurt, dan lain-lain juga dapat menjadi sumber vitamin dan mineral, serta kalsium dan protein yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi anak anda serta menunjang pertumbuhan mereka. Di samping itu, anak anda juga membutuhkan serat, protein, dan mineral yang cukup dan bisa anda peroleh dari daging, ikan, ataupun makanan alternatif lain seperti kacang-kacangan, telur, dan lain sebagainya.

Kandungan makanan tersebut dapat anda olah dan kreasikan menjadi berbagai macam masakan atau cemilan yang menarik. Masakan yang dihias dengan  cantik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi anak anda agar dapat menikmati masakan olahan anda dengan bahagia, serta dapat mengurangi keinginan anak anda untuk membeli jajanan di luar.

Namun, cobalah untuk mengurangi masakan yang diolah dengan cara menggorengnya di dalam minyak. Cemilan seperti popcorn, dapat menjadi cemilan yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan popcorn dapat dibuat tanpa menggunakan minyak. Selain itu, sebaiknya anda juga membatasi makanan rendah nutrisi seperti permen, minuman ringan, atau keripik. Makanan rendah nutrisi dan tinggi gula dapat membuat anak anda merasakan kenyang semu, sehingga menurunkan minat anak untuk mengkonsumsi makanan utama dan mengakibatkan anak anda tidak mendapatkan gizi dari makanan secara seimbang.