Resep Dan Cara Membuat Bubur Pacar Cina Yang Gurih, Manis, Dan Creay

 

 

Pacar Cina Repack 500 gram Sagu Delima / Saguku / Makassar | Shopee  Indonesia

Pacar cina memang menjadi salah satu makanan yang mudah sekali ditemukan saat bulan puasa tiba. Warna warninya yang cerah membuat makin semaraknya waktu berbuka. Kamu bisa jadikan pacar cina makanan sebagai bubur atau campuran minuman segar.

Siapa coba yang tidak kenal dengan pacar cina ini? Makanan kenyal nan lembut dengan warna warna yang memikat mata ini terbuat dari tepung kanji. Sehingga tidak heran jika rasanya sedikit kenyal-kenyal lembut.

Salah satu hidangan wajib saat berbuka puasa bagi masyarakat Betawi sejak dulu adalah bubur pacar cina. Bubur manis dari pacar cina ini dikenal juga dengan nama bubur mutiara atau bubur sagu mutiara. Sementara di Jawa disebut dengan jenang mutiara.

Menurut sejarahnya, pemberian nama “pacar cina” pada makanan ini ternyata karena hidangan ini biasa dibuat oleh pedatang Tionghoa yang bermukim di kawasan Glodok, Jakarta Barat dan sekitarnya. Asal muasal pacar cina erat hubungannya dengan masyarakat Betawi yang merupakan campuran Cina dan Arab, karena masyarakat Betawi memang sudah bercampur melalui perkawinan dengan bangsa Cina. Dari situlah, budaya Cina dan Betawi semakin bercampur membentuk budaya baru, termasuk juga soal kuliner. Seperti salah satunya pacar cina.

Lantas, bagaimana cara membuat biji pacar cina? Berikut dibawah ini cara membuat biji pacar Cina yang mudah :

  1. Mencampurkan tepung sagu bersama air.
  2. Kemudian, adonan yang sudah tercampur rata diratakan, lalu ditaruh di tampah untuk kemudian dijemur hingga kering.
  3. Jika sudah kering, potong potong adonan menjadi kecil kecil. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 1 cm. Selain berbentuk persegi panjang, ada juga pacar cina yang berbentuk bulat dan diberi warna.
  4. Kemudian biji pacar cina yang sudah kering tersebut bisa disimpan untuk penggunaan beberapa waktu.
  5. Jika sudah jadi, simpan biji pacar cina di wadah. Jadi, nanti kalau mau membuat olahan makanan yang menggunakan pacar cina bisa mengambil dari wadah. Sekali buat, kira kira bisa untuk lima kali proses membuat bubur pacar cina.

Setelah mengetahui cara membuat biji pacar cina. Sekarang saatnya untuk mengetahui resep dan cara membuat bubur pacar cina. Berikut resep dan cara membuatnya :

  1. Bahan Bahan Yang Diperlukan
  • Pacar cina kering 100 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Santan kara 2 bungkus
  • Daun pandan 1 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Dan garam secukupnya.
  1. Cara Membuatnya
  • Rendam dulu pacar cina dalam air kurang lebih 1 jam atau hingga pacar cinanya mekar.
  • Jika pacar cinanya sudah mekar tiriskan.
  • Kemudian, rebus pacar cina hingga warna yang putih putihnya hilang menjadi bening, lalu tambahkan 2 sendok teh gula.
  • Tiriskan pacar cina yang sudah direbus, kemudian siram dengan air dingin.
  • Rebus santan bersama gula, daun pandan, daun jeruk, dan garam secukupnya (hanya untuk ciptakan rasa gurih sedikit saja).
  • Hidangkan pacar cina bersama santan. Supaya pacar cinanya tidak makin lembek, dicampur dengan santannya pas di mangkok saja.

Rasa bubur pacar cina yang gurih, manis, serta creamy benar benar akan menyatu sempurna di mulut kamu. Kamu hanya tinggal merebus biji pacar cina sampai matang, kemudian tambahkan gula, santan, dan daun pandan. Setelah semuanya matang dan mengental, bubur pacar cina yang manis dan gurih pun siap dihidangkan.