Resep dan Cara Membuat Teh Talua Khas Kota Padang

Pulau Sumatera Barat khususnya kota Padang, biasanya terkenal dengan makanan-makananya seperti rendang, balado, dan masih banyak lagi. Namun, pada ulasan kali ini akan memperkenalkan tentang Teh Talua yang berasal dari kota Padang, Sumatera Barat. Teh Talua sendiri merupakan bahasa Minang yang berarti Teh Telur. Biasanya, masyarakat Sumatera Barat akan menggunakan telur bebek dalam membuat Teh Talua.

Selain itu, teh talua juga banyak dijajakan diwarung-warung kopi atau dikedai makanan yang tersebar diseluruh wilayah Sumatera Barat. Seiring berjalannya waktu, kini teh talua pun dapat anda temui di hampir semua wilayah Indonesia. Sebut saja seperti di daerah pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTB, NTT, hingga ke Papua.

Dipulau Jawa sendiri, teh talua memang cukup populer dikalangan masyarakatnya. Terdengar kabar bahwa dengan meminum segelas teh talua, dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Mengingat khasiatnya yang seperti itu, sudah saatnya kita membuat resep minuman tradisional yang satu ini. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada resep dan cara membuat teh talua khas kota Padang.

Bahan-bahan Yang Harus Anda Siapkan :

– 1 butir telur ayam kampung (anbil kuning telurnya)

– 3 sendok makan gula pasir halus

– Teh bubuk secukupnya

– 1 buah jeruk nipis (peras airnya)

Cara Membuatnya :

  1. Pertama-tama masukkan tekur bebek dan gula kedalam gelas, kemudian kocok lepas sampai mengembang dan warnanya berubah menjadi pucat.
  2. Seduh teh bubuk dengan air yang mendidih, usahakan agar teksturnya mengental.
  3. Jika air teh-nya sudah jadi, tuangkan kedalam gelas yang sudah ada adonan telur tersebut.
  4. Untuk menteralisir bau amis pada teh-nya, anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis kedalam teh talua.
  5. Teh talua pun siap disajikan dalam keadaan yang masih hangat.

Bagaimana cukup mudah bukan. Dilihat dari materi bahan-bahannya, anda pun bisa membuatnya tanpa mengalami hambatan yang berarti. Bahkan, orang awam saja bisa dengan mudah membuat segelas teh talua. Untuk membuat cita rasa yang lebih mantap lagi, anda bisa mengkreasikannya dengan caffucino, cokelat leleh, susu, dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa memberikan topping diatasnya dengan keju, cokelat meses, dan masih banyak lagi. Demikianlah ulasan mengenai resep dan cara membuat teh talua khas kota Padang. Akhir kata cukup sekian dan selamat mencobanya di dumah.