Review Laporan Keuangan Menurut Fortune IDN

Fortune Indonesia merupakan sarana informasi yang mencakup berbagai macam hal, baik berita, bisnis, ekonomi sampai perbankan. Ada banyak informasi juga mengenai finance yang berkaitan dengan laporan keuangan. Berikut beberapa hal mengenai laporan keuangan menurut Fortune IDN.

  1. Laporan Neraca

Ada beberapa jenis laporan keuangan menurut Fortune IDN salah satunya yaitu laporan neraca. Laporan ini seringkali digunakan untuk membuat laporan keuangan dari sebuah perusahaan dalam masa periode tertentu.

Adapun beberapa hal yang terkandung didalamnya seperti aset, kewajiban dan ekuitas pemegang saham perusahaan. Menyusun laporan ini diperlukan membuat daftar aset pada sisi halaman, seperti daftar kewajiban (hutang, saldo kredit dan sebagainya).

Dalam laporan juga terdapat aset yang dimiliki perusahaan seperti saldo yang tersimpan di bank, nilai dari semua peralatan. Juga harus ada nilai persediaan stok serta aktiva, dan semua hasil laporan merupakan ekuitas pemilik bisnis.

  1. Laporan Arus Kas

Selanjutnya yakni laporan kas, merupakan catatan keuangan yang memuat arus masuk dan keluar pendapatan. Juga terdapat saldo akhir selama satu periode, terdapat tiga aktivitas yang harus ada didalamnya.

Seperti aktivitas operasi, aktivitas investasi yang Anda lakukan untuk menambah pemasukan serta aktivitas pendanaan.

  1. Laporan Laba Rugi

Dalam laporan keuangan juga perlu diperhatikan yakni laba dan rugi, pencatatan keuangan tentang total hasil pendapatan. Bukan hanya pendapatan saja, akan tetapi Anda juga harus membuat laporan pengeluaran.

Tujuannya agar dapat meminimalisir pengeluaran apabila terlalu besar dan memaksimalkan pemasukan.

  1. Perubahan Modal

Laporan keuangan perlu dibuat agar keuangan lebih terkondisikan, yakni laporan perubahan modal. Jenis laporan keuangan satu ini menyajikan perubahan dalam ekuitas pemilik dalam satu kelompok dalam masa periode tertentu.

  1. Buat Perkiraan Penjualan

Salah satu membuat catatan dalam laporan keuangan Anda terlebih dahulu membuat perkiraan penjualan. Susun spreadsheet yang berisikan proyeksi penjualan yang Anda lakukan selama tiga tahun.

Buat beberapa kilo berbeda untuk setiap bulannya pada tahun pertama, dan itu dilakukan setiap tiga bulan pada tahun kedua dan ketiga.

  1. Membuat dan Mengumpulkan Transaksi

Mencatat semua transaksi yang dilakukan merupakan cara membuat laporan agar lebih jelas. Semua transaksi harus dicatat dengan jelas dan rapi, begitu juga mengumpulkan bukti transaksi yang mungkin nanti dibutuhkan.

Bukti transaksi meliputi seperti kwitansi transaksi, faktur, nota dan lain sebagainya. Semua transaksi dicatat oleh perusahaan baik transaksi penjualan, pembelian, biaya sewa, akomodasi dan lainnya.

  1. Menyusun Neraca Saldo

Menyusun neraca saldo merupakan sebuah daftar rekening buku besar yang terdiri dari kredit dan debit. Daftar rekening tersebut nantinya dikelompokkan dalam aktiva tertentu.

  1. Kembangkan Laporan Arus Kas

Membuat laporan keuangan menurut Fortune IDN harus membuat buku besar yang berisikan rincian segala transaksi. Semua ditulis dalam jurnal akun sesuai rincian dari pengeluaran maupun pemasukan.

  1. Perkirakan Laba Bersih

Semua laporan keuangan haruslah dibuat dengan membuat laporan laba rugi yang terperinci dan dilakukan selama tiga tahun ke depan. Masukkan semua perkirakan penjualan, proyeksi pengeluaran serta arus kas. Laba bersih merupakan margin kotor yang dikurangi bunga, pajak dan biaya yang dikeluarkan.

Demikian artikel tentang laporan keuangan menurut Fortune IDN yang bisa disampaikan dengan memperhatikan cara dan jenis-jenisnya. Semoga bisa membantu Anda dalam mengontrol keuangan dengan membuat laporan keuangan agar lebih terperinci dan jelas.