Selain Harga Kamera Digital, 3 Hal Berikut Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli!

Saat ini hampir setiap orang selalu mengabadikan momen yang menarik ataupun hal yang dirasa menarik seperti makanan. Umumnya, masyarakat lebih menggunakan kamera digital, namun untuk momen penting seperti pernikahan, dibutuhkan kamera digital agar hasil gambar yang diambil lebih maksimal. Karena dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, tidak jarang yang membeli kamera dengan mempertimbangkan harga kamera digital Akan tetapi, selain masalah harga, terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan.

Pertama adalah sensor. Bagian ini sangat penting karena akan dapat mempengaruhi kualitas dari gambar yang dihasilkan. Sensor berfungsi untuk menangkap cahaya dari lensa sehingga kamera dapat menghasilkan gambar. Besar ukuran sensor akan sangat mempengaruhi hasil gambar sehingga semakin besar sensor yang ada di digital camera tersebut, maka kualitas gambar juga akan semakin bagus.

Bagi orang awam, untuk menentukan apakah sensor tersebut berkualitas atau tidak, sangat sulit sehingga Anda dapat melihat dari besar sensor yang digunakan di kamera digital tersebut. Anda dapat bertanya langsung ke penjual kamera digital atau melihat spesifikasinya. Namun, semakin besar ukuran sensor sebuah kamera digital, maka harganya akan semakin mahal. Terdapat 4 jenis sensor kamera digital mulai dari yang paling terjangkau hingga yang paling mahal yaitu four-thirds/ micro four thirds, APS-C, APS-H, full frame.

Kedua adalah lensa. Faktor lensa juga akan mempengaruhi kualitas dari gambar yang dihasilkan sehingga tidak heran jika harga 1 lensa dapat lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kamera digital bagian body saja. Namun, jika Anda hendak membeli jenis kamera digital seperti kamera pocket, faktor lensa dapat Anda abaikan akan tetapi faktor lensa akan sangat berpengaruh jika jenis kamera yang akan dibeli adalah jenis DSLR. Banyak jenis lensa yang dapat menjadi pilihan karena masing-masing lensa memiliki kemampuan yang berbeda.

Terdapat 3 jenis lensa untuk kamera DSLR yang ada di pasaran, yaitu:

  • Lensa wide angle yang fungsinya untuk mengabadikan object yang mempunyai sudut pandang luas sehingga Anda dapat mendapatkan gambar yang lebih luas. Jenis lensa ini ada yang tersedia dalam beberapa jenis yaitu focal length medium wide angle dan extreme wide angle untuk gambar yang agak melengkung.
  • Lensa tele/telephoto untuk mengabadikan objek yang jaraknya jauh misalnya digunakan untuk menangkap gambar hewan liar ataupun untuk olahraga. Ada 3 jenis lensa tele, yaitu:
  • Tele pendek dengan focal length 85-135 mm yang memiliki harga terjangkau dan untuk kegiatan sehari-hari seperti fotografi pernikahan.
  • Tele menengah dengan panjang 135-300 mm untuk sport fotografi.
  • Tele super dengan focal length 300 mm ke atas untuk wildlife fotografi atau sport fotografi.
  • Lensa makro untuk memotret benda yang berukuran kecil dan dari jarak yang sangat dekat.

Ketiga adalah focal length dan zoom. Faktor ini dapat menentukan seberapa jauh objek bidik Anda saat menggunakan kamera digital. Semakin kecil angka dari focal length (dalam mm) maka jarak memotret akan semakin dekat. Untuk jenis pocket camera, focal length ada yang 25-105 mm, 28-112 mm, 35-140 mm. Jangan lupa untuk mempertimbangkan perhitungan optical zoom selain harga kamera digital sebelum Anda membeli. Cara mudahnya untuk mengetahui berapa kali zoom yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu berapa focal length lensa. Misalnya lensa 35-420 mm, penghitungan nya dengan 420 dibagi 35=12. Jadi, optical zoom kamera digital tersebut adalah sebanyak 12 kali.