Serunya Berwisata Ke Luar Angkasa, Mau Coba?

Saat akan berwisata, kita sering mendengar pernyataan ingin berwisata ke seluruh belahan bumi ini. Sekarang, keinginan menjelajah tak cukup sampai di situ, karena berwisata ke luar angkasa ternyata menjadi sesuatu yang menarik dan menantang.

Space Adventures, Ltd. di Virginia, Amerika Serikat menjadi salah satu dari sekian banyak perusahaan pariwisata luar angkasa di AS. Perusahaan itu didirikan tahun 1998 oleh Eric C Anderson. Mulai 2010, seperti informasi yang dimuat di en.wikipedia.org, perusahaan ini menawarkan program wisata untuk penerbangan atmosfer tanpa gravitasi, berjalan di luar angkasa, dan berbagai pelatihan di bidang antariksa.

Baca juga : Pantai Jatimalang, Wisata Bahari di Purwirejo yang Elok Dipandang Mata

Ada beberapa orang yang sudah pernah menggunakan jasa wisata perusahaan itu. Misalnya Dennis Tito, seorang pengusaha yang ikut pada pengorbitan pertama pada April 2001. Dennis Tito pernah mengikuti pelatihan di Yuri Gagarin Cosmonaut Training Center di Star City, Rusia.

Selain itu, ada juga Mark Shuttleworth yang menghabiskan 10 hari beredar di luar angkasa. Dia pergi bersama komandan asal Rusia Yuri Gidzenko dan astronot Italia Roberto Vittori pada 25 April 2002. Sebelum berangkat, ia harus mengikuti dulu pelatihan selama delapan bulan dan pemeriksaan kesehatan. Ia juga harus mendapat pembekalan di Johnson Space Center milik NASA di Houston, AS.

Pada 2005, giliran Gregory Olsen yang berwisata ke luar angkasa. Ia pergi pada 1 Oktober 2005 setelah sebelumnya menuntaskan pelatihan 900 jam di Star City, Rusia. Kepergiannya ini sekaligus untuk mempelajari respons tubuh manusia terhadap lingkungan yang berdaya gravitasi kecil.

Baca juga : Berenang dengan Buaya Hanya di Safari Waterpark

Kemudian, ada Anousheh Ansari yang mulai melakukan perjalanan pada 18 September 2006 dari Baikonur, Kazakhstan. Ansari adalah turis perempuan pertama yang mengikuti program itu. Sebelum berangkat, ia pun mengikuti berbagai pembekalan selama delapan hari.

Ada pula yang dua kali menggunakan jasa wisata luar angkasa tersebut yaitu Charles Simonyi. Ia melakukan dua misi penjelajahan itu sekaligus untuk melakukan penelitian. Ada pula Richard Garriott yang ikut wisata tersebut karena ayahnya yang merupakan seorang astronot pernah melakukannya pada 2008.

Sementara itu, turis Kanada pertama yang ikut program itu pada 30 September 2009 adalah Guy Laliberte. Saat berada dalam orbit, ia mempromosikan One Drop Foundation dan menyuarakan misi “Poetic Social Mission”. Keikutsertaannya ini juga sambil melakukan kegiatan sosial berjudul “Moving Stars and Earth for Water”. Beberapa selebritas pun turut meramaikan kegiatan sosial tersebut dari bumi, di antaranya Salma Hayek, Shakira, dan Bono “U2”.

Selain Space Adventures, ada pula Virgin Galactic yang sudah melakukan beberapa kali percobaan terbang. Foxnews.com melaporkan, percobaan terbang yang terakhir pada awal 2014 telah menempuh hampir 13,5 mil. Pengendalinya adalah pilot virgin Galactic Mike Masucci dan Scaled Test Pilot Mike Alsbury.