Teknologi Unik Huawei Band 4, Bisa Cek Kadar Oksigen

Huawei kembali meluncurkan produk elektroniknya untuk semakin meramaikan kancah perindustrian di Indonesia. Setelah sepekan sebelumnya meluncurkan produk smart watch, kini Huawei meluncurkan produk smart wristband yang diberi nama Huawei Band 4 yang memiliki fitur lebih baik dari para pendahulunya.

Berbeda dari produk wristband sebelum-sebelumnya yang lebih fokus untuk mendukung kegiatan bisnis para penggunanya, kini Huawei Band 4 ini lebih difokuskan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meraih kesehatan serta kebugaran tubuh.

Deputy Country Director of Huawei CBG Indonesia, Lo Khing Seng, menyatakan bahwa berdasarkan beragam survey dan penelitian yang telah dilakukan lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia kini lebih sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Hasil survey inilah yang melatarbelakangi peluncuran Huawei Band 4 ini.

Fitur-fitur utama dalam Band 4 ini diantaranya adalah pendeteksi detak jantung, daily fitness training, asisten olahraga, hingga “hidup yang nyaman” dengan fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Bahkan smart wristband ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi kadar oksigen di dalam tubuh. Unik bukan?

Untuk segi desain, produk terlihat telah mengalami sisi pingkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari layar besar berwarna seukuran 0,91 inchi yang mampu menampilkan grafik kroma serta  kontras yang lebih baik.

Tak hanya itu saja, dengan tampilan fullscreen Huawei band 4 ini dapat menampilkan hinga 35 karakter. Sehingga pengguna pun akan dimanjakan dengan tampilan yang lebih menarik dan berwarna serta informasi yang lebih lengkap.

Untuk fitur utama dalam smart wristband ini bernama Huawei TruSeen 3.5 Heart Rate Monitoring. Fitur ini berguna untuk mendeteksi kecepatan detak jantung Anda selama beraktivitas.

Untuk membuktikan keakuratan hasil analisis dari teknologi Huawei Band 4 ini, Huawei 2012 Lab telah melakukan penelitian selama kurang lebih empat tahun berturut-turut. Penelitian tersebut mengambil data dari detak jantung massif pengguna setianya dengan latar belakang usia dan jenis kulit serta hasil BMIs yang berbeda-beda.

Selain itu, Band 4 ini juga dirancang untuk mendukung aktivitas olahraga penggunanya untuk sembilan mode yang berbeda. Aktivitas tersebut bisa dijalankan di dalam maupun di luar ruangan, mulai dari berjalan santai, bersepeda, berlari, elliptical, rower, hingga free training. Sebagian aktivitas tersebut merupakan kegiatan yang populer di fitness.

Untuk semakin mendukung penggunanya mewujudkan gaya hidup sehat, maka Huawei Band 4 ini juga dilengkapi dengan fitur TruSleep 2.0 yang berfungsi untuk menilai kualitas tidur Anda. Teknologi ini bekerja dengan cara mengalisis struktur data yang telah diperoleh sebelumnya.

TruSleep 2.0 ini mengolah data tindakan (ACC) yang telah dilakukan oleh sensor detak jantung. Data tersebut kemudian dikombinasikan dengan variabilitas detak jantung (HRV) ditambah dengan gerakan pergelangan tangan untuk menghasilkan analisis kualitas tidur yang akurat.

Dari segi ketahanan baterai, Huawei Band 4 ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 91 mAh dengan estimasi waktu pengisian sekitar 1,5 jam saja. Teknologi “plug and charge” yang tersemat di dalamnya membuat pengguna semakin mudah dalam melakukan pengisian.

Hal ini karena Anda bisa menggunakan USB jenis apa pun untuk mengisi daya, sehingga Anda tak perlu menyiapkan USB terpisah. Smart wristband ini telah terkoneksi dengan smartphone, jadi akan lebih memudahkan Anda untuk melihat rekam jejak kesehatan Anda sehari-hari.

Huawei Band 4 ini tersedia dalam dua varian warna yakni Graphite Black dan Amber Sunrise. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp.499.000,00 saja. Untuk mendapatkannya Anda bisa langsung mengunjungi Huawei Experience Store (HES) atau melalui toko online langganan Anda.